08/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Indosat Ooredoo Mendukung Program Gerakan Menuju 100 Smart city Tahun 2018

Tampak pada gambar Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Intan Abdams Katoppo (dua dari kiri) saat berbincang dengan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara (kiri), Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany (dua dari kanan), dan Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti (paling kanan) di booth Indosat Ooredoo Business (14/12)

Jakarta, 14 Desember 2018 – Indosat Ooredoo kembali menegaskan komitmennya untuk mensukseskan program Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas 2018. Dalam Gerakan 100 Kota Cerdas tahap II 2018 ini, Indosat Ooredoo Business berkontribusi dalam proses penyusunan master plan smart city di 16 kota/kabupaten sebagai technology advisor. Indosat Ooredoo menghadirkan beragam solusi yang sesuai  dengan strategi perusahaan untuk mengakselerasi   B2B (Business to Business) sebagai  mesin pertumbuhan yang baru.

Intan Abdams Katoppo, Chief Business Officer Indosat Ooredoo, menjelaskan komitmen Indosat Ooredoo Business untuk berkontribusi dalam pembangunansmart city di Indonesia ini sesuai dengan target Indosat Ooredoo Business sebagai trusted digital partner. “Hal ini dibuktikan dengan kontribusi Indosat Ooredoo yang terlibat sejak awal program Gerakan Menuju 100 Smart city mulai dari Jakarta Smart city Forum – 2015, Indonesia Smart city Forum – 2016 (Bandung), dan Gerakan 100 Kota Cerdas tahap I tahun 2017 (Makassar) serta tahap II pada tahun 2018 ini,” paparnya.

Indosat Ooredoo Business membangun ekosistem smart cityantara lain infrastruktur telekomunikasi dan ICT, platform smart city, dan aplikasi-aplikasi yang berjalan di atasnya secara terintegrasi dan berkesinambungan. “Indosat Ooredoo juga menampilkan beragam solusi ICT sebagai enablerSmart city berbasis TIK di antaranya smart plate & face recognition solution, command center, smart light PJU, e-tax, e-retribusi, smart bike sharing, dan digital library. Ke depan kami akan terus berinovasi menghadirkan solusi yang dibutuhkan pelanggan dalam era 4.0 saat ini” ujarnya.

Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas tahun 2018 merupakan tahap ke II yang pada tahun ini terpilih 50 kota/kabupaten untuk ikut serta dalam program BIMTEK (bimbingan teknis). Kota/kabupaten tersebut berhasil memenuhi penilaian aspek-aspek yang dipandang penting dalam suksesnya implementasi smart cityberbasis teknologi informasi. Gerakan ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan Republik Indonesia.

Program BIMTEK membimbing kabupaten/kota terpilih untuk menyusun masterplan smart citysehingga dapat memaksimalkan inovasi, inklusifitas, serta pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, kesejahteraan maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Sampai dengan 2018, Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas telah menghasilkan 75 master planimplementasi smart city pada kota/kabupaten.

Setelah melalui rangkaian kegiatan BIMTEK yang dilaksanakan secara intensif, Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas tahap II tahun 2018 ini ditutup oleh Presiden RI. Dalam acara penutupan, setiap kota ikut serta memaparkan program quick win dari master plan yang disusun dalam kegiatan bimtek. (ro)