08/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Peluang Menjanjikan ESports di Indonesia Hasil kerjasama ULTIMO HOMBRE & AXIS

Surabaya, KabarGRESS.com – Kemajuan teknologi yang sangat pesat mampu mengubah kebiasaan kita dalam menjalani hidup. Tidak ada yang pernah menyangka dalam waktu lima tahun permainan game online dapat menjadi sebuah profesi dengan bayaran selangit.

Menurut data eSport International, pada tahun 2017, Indonesia memiliki 43,7 juta pemain esports yang menghabiskan Rp 11 miliar untuk bermain game membuat Indonesia berada di urutan 16 sebagai Negara dengan pendapatan game terbesar di dunia.

Saat ini Olahraga elektronik yang telah resmi di Indonesia yaitu dengan dibentuknya organisasi IeSPA ( Indonesia eSports Association) yang berada dibawah naungan organisasi FORMI (Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia). Organisasi ini dibentuk sebagai wadah bagi pemain professional dan atlet dengan rentang usia 10-55 tahun. Data terbaru menunjukkan sebesar 56% gamer laki-laki enggan menggunakan PC/laptop sementara sisanya 44% gamer perempuan.

Melihat tren yang fantastis ini menjadikan panitia Asian Games 2018 memasukkan esports sebagai bagian dari olahraga yang akan dipertandingkan secara resmi pada Asian Games 2022. Kategori esports yang dipertandingkan adalah Game yang dipertandingkan juga bermacam-macam seperti League of Legends, Age of Valor, Fifa, CS:GO, Player Unknown Battleground, Dota 2, hingga Mobile Legends.

Dibutuhkan tempat untuk berlatih agar mempunyai kemampuan dan keahlian. icafe menjadi alternative baik bagi para gamer pemula ataupun professional untuk menghadapi kompetisi. Tentunya setiap icafe harus mempunyai peraturan bagi anak anak dibawah usia seperti tidak diperbolehkan bermain di jam sekolah, tidak boleh masuk dengan seragam sekolah, konten pornografi dan detail peraturan untuk mengindari dampak negative.

Mark Adams selaku pendiri Ultimo Hombre pun memberikan pandangan, “Lanskap dunia esports saat ini lebih berpihak pada para gamer profesional, namun demikian gamer profesional hanya mewakili kurang dari 1% demografi dunia gaming. Di setiap negara selalu ada gamer kompetitif yang ingin merasakan pengalaman yang sama dengan para gamer profesional, namun tidak selalu mendapat kesempatan.”

“Melalui acara-acara kami di Inggris, kami membuktikan adanya pangsa yang sangat besar  untuk mereka yang mencari kesempatan untuk sukses, ada juga dari mereka yang mencari lingkungan yang lebih inklusif sebagai tempat untuk mereka bisa merasa rileks dan menjadi bagian dari sebuah komunitas.

Dengan membawa Ultimo Hombre ke tingkat dunia, kami bisa mengkoneksikan gamer di seluruh dunia dan bahkan mungkin menemukan bakat potensial baru. Dengan slogan ‘Everyone Can Play, Anyone Can Win’ (Semua bisa bermain, siapa pun dapat menjadi pemenang), Ultimo Hombre ingin merangkul gamer dari semua level.”

Maraknya icafe di beberapa kota kota besar seperti Surabaya, menjadi salah satu latar belakang Ultimo Hombre bekerjasama dengan XL Axiata ( PT XL Axiata) menyelenggarakan kompetisi esports dari Inggris membuat kompetisi terbesar pertama di Surabaya yang akan diadakan pada tanggal 24- 25 November 2018 di Surabaya
Convention Centre, Pakuwon Trade Centre, Surabaya Barat.

Para pengunjung yang hadir di seri esport ini juga akan mendapatkan SIM Card dari AXIS dengan tiga jenis paket yaitu; paket pertama adalah HITZ Starter Pack dengan paket sim card standard yang bisa menelepon gratis ke sesama AXIS dan gratis telepon serta messaging menggunakan aplikasi WhatsApp, Line dan BBM, lalu yang kedua Bronet Data Pack yaitu paket 1GB data internet yang berlaku hingga 30 hari dan paket ketiga KZL Game Pack yaitu paket 1GB gaming yang berlaku hingga 30 hari untuk bermain AOV, Freefire dan PUBG.

Mengusung visi “semua bisa bermain, siapa saja bisa menang”. Mereka berniat untuk menjaring semua kalangan masyarakat untuk merasakan nikmatnya bermain game dalam satu wadah yang sama, ujar Panitia Ultimo Hombre. Ultimo Hombre bersama dengan XL Axiata telah sukses untuk pertama kalinya menyelesaikan kompetisi olahraga eletronik pada tanggal 11-12 Agustus di Jakarta.

“AXIS sangat antusias menjalin kerja sama dengan Ultimo Hombre untuk memberikan pengalaman bermain game yang menarik dan unik kepada seluruh gamers di Indonesia. Melalui acara ini kami ingin meyakinkan para gamer dari semua level dan usia untuk bermain game menggunakan AXIS. Kami telah didukung dengan jaringan 4G LTE yang terus semakin luas dengan jangkauan di 376 kota seluruh Indonesia. Karenanya AXIS akan memberikan pengalaman fantastis kepada para gamer saat mereka bermain mobile game terbaru”, ujar Randu Zulmi, Head Youth Marketing Communication PT XL Axiata,Tbk.

Ia menambahkan, AXIS telah bekerja sama dengan banyak top gamers dengan menawarkan kuota khusus games dan pembelian items in-app menggunakan mobile account. Semua diharapkan dapat mempermudah para gamers untuk menikmati games favorit mereka dengan maksimal.

Acara Ultimo Hombre AXIS Pyramid League ini diharapkan bisa meningkatkan animo masyarakat pada esports dan mengarahkan generasi muda menggapai mimpi yang positif dengan semangat berkompetisi. Sehingga nantinya akan terpilih pemenang terbaik untuk menghasilkan sang ‘Ultimo Hombre’ atau ‘Orang Terakhir’ (Last Man Standing). (ro)