18/01/2023

Jadikan yang Terdepan

GEN Indonesia Dilaunching di Event Start Up Nation Summit 2018

Surabaya, KabarGress.Com – Presiden Global Enterpreneurship Network (GEN) Global, Jonathan Ortman untuk pertama kalinya melaunching Global Enterpreneurship Network (GEN) Indonesia, pada ajang Start Up Nation Summit 2018 di Surabaya, Jum’at (16/11/18). Peluncuran tersebut, menjadi pembuka akses awal Surabaya untuk menjadi salah satu kotaenterpreneur di Asia.

Presiden Global Enterpreneurship Network (GEN) Global Jonathan Ortman mengatakan, GEN Indonesia merupakan bagian dari GEN Global. Namun, untuk keseluruhan manajemen nantinya akan dilakukan oleh GEN Indonesia. “Tapi kami juga akan mensupport membawa tenaga ahli dan komunitas dari internasional,” kata Jonathan saat konferensi pers launching GEN Indonesia bertempat di Grand City Convex Surabaya, Jum’at (16/11/18).

Jonathan mengungkapkan GEN Global merupakan organisasi non profit. Organisasi yang tidak hanya berbasis pada Negara-Negara besar tertentu. Nantinya, GEN Indonesia akan menjadi salah satu bagian dari GEN Global, untuk membantu melihat bagaimana perkembangan ekonomi dan sistem yang relevan di Indonesia.

“Seperti kita melihat pagi ini, sudah banyak sekali projek yang dilauncing. Salah satunya koleksi penelitian di seluruh dunia. Dan mungkin terkait dengan kebijakan-kebijakan para pemangku kepentingan,” ujarnya.

GEN Indonesia, lanjut Jonathan, ke depan akan membangun sebuah jaringan yang lebih baik. Disamping itu, GEN Indonesia akan membantu mendorong lebih banyak enterpreneurmuda di Indonesia. Bahkan, pihaknya juga akan membantu memberikan mentoring atau pelatihan-pelatihan pengembangan usaha kepada perusahaan.

“Hal ini akan menjadi basis yang sangat penting untuk pengembangan kewirausahaan. Kita bisa bekerjasama dengan entrepreneur yang sudah ada, untuk meningkatkan program-program yang sudah dilakukan,” imbuhnya.

Jonathan menilai, alasan dipilihnya Kota Surabaya sebagai tuan rumah Start Up Nation Summit 2018 sekaligus tempat dilaunchingnya GEN Indonesia, sebab ia melihat perkembanganentrepreneur muda di Surabaya yang terus bermunculan. Disamping itu, dibalik keberhasilan tersebut, adanya sosok wali kota yang terus mendukung masyarakatnya dengan berbagai kebijakan dan program yang telah dibuat. Hal itu menjadi alasan Kota Surabaya menjadi kotaentrepreneurship di Indonesia bahkan di Asia.

“Ibu Risma memiliki kharisma sebagai leadership yang luar biasa. Kalian semua sangat beruntung memiliki pemimpin seperti ini, sangat sedikit di dunia,” tuturnya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pun menyambut baik kabar tersebut. Selama ini, ia melihat banyak sekali anak-anak muda yang lebih condong untuk menjadi pekerja, bukan pencipta lapangan kerja. Karena itu, melalui ajang internasional ini, ia berkomitmen untuk mengubah mindset masyarakat agar mau menjadi seorang wirausaha. Khususnya anak-anak muda yang memiliki potensi dan bakat di bidangnya masing-masing.

“Karena itu kemudian saya kepingin ada pola pikir berubah. Karena itu kita adakan acara ini (Start Up Nation Summit) agar semua tahu bahwa dunia sudah berubah. Namun, semua harus dibuka pandoranya,” kata Wali Kota Risma.

Selama ini, lanjut Wali Kota Risma, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mendorong masyarakatnya dengan berbagai program dan kebijakan agar mau mengubah pola pikir menjadi wirausaha. Tahun 2010, Pemkot Surabaya telah membuat sebuah program Pahlawan Ekonomi yang banyak membantu perbaikan ekonomi masyarakat Surabaya. “Sebetulnya acara ini merupakan salah satu upaya kami untuk mendorong angkatan-angkatan baru, anak-anak muda untuk membuat start up,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) M. Arsyad menambahkan pihaknya bersama pemerintah akan terus membantu mendorong anak-anak muda agar mau menjadi enterpreneur.Menurut dia, enterpreneurshipIndonesia masih terbelakang dari Negara-Negara lain di Asia, hal itu disebabkan salah satunya yakni culture. Melihat hal tersebut, pihaknya pun mengapresiasi apa yang telah dilakukan Wali Kota Risma dengan menjadikan Kota Surabaya tuan rumah Start Up Nation Summit 2018. “Apa yang dilakukan bu Risma di Surabaya itu sesuatu yang hebat,” tutupnya. (Tur)