Sekolah MDC Mampu Berikan Perubahan Karakter Positif Untuk Siswa

Surabaya, KabarGress.Com – Sekolah Masa Depan Cerah (MDC) yang berada dikawasan Diamond Hill DH11, Citraland Surabaya adalah sekolah yang mampu memberikan sebuah karakter tersendiri bagi para siswa siswinya baik dari tingkat SD, SMP, dan SMA bahkan hingga tingkatan PG dan TK Benih Kasih.

Sekolah MDC ini berada dalam naungan Yayasan Cahaya Harapan Bangsa (YCHB). Kurikulum yang dipakai pun adalah kurikulum Nasional yang mengacu kepada delapan standart pendidikan. Sekolah MDC ini juga mengembangkan kurikulum yang mengangkat kearifan lokal, dimana muatan lokal ini adalah menjadi ciri khas sekolah MDC ini.

“Ciri khas inilah yang membedakan sekolah MDC dan benih kasih dengan sekolah – sekolah lain yang ada di Surabaya,” ungkap Direktur Akademik sekillah MDC, Sindu, saat melakukan pers conference dengan sejumlah media, Sabtu (6/10/2018).

Dirinya mengatakan, secara garis besar ciri khas sekolah MDC dan benih kasih ini mempunyai 4 point penting untuk membangun sebuah karakter atau kepribadian siswa. Pertama, mengalirkan karakter, membentuk atmosfer spiritual, mengembangkan life-skills, dan membangun akademik. Kata kunci dari pendidikan di sekolah MDC dan benih kasih adalah perubahan, yang artinya bisa membawa perubahan yang positif, maka inilah sebabnya visi yang menggerakan sekolah ini adalah “Making Agents of Change”.

“Visi inilah yang aakan menggerakan perubahan yang terjadi di dalam yang akan berdampak perubahan besar di luar nantinya,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sekolah telah merancang outing secara berjenjang, pada level PAUD dan SD mereka akan mengunjungi tempat – tempat di Surabaya dan sekitarnya. Untuk tingkat SMP, mereka mengunjungi tempat – tempat luar kota Surabaya seperti, Bali dengan kegiatan Science Study Center dan Yogyakarta dengan kegiatan Socio Culture Study.

“Kalau tingkat SMA, mereka (siswa) mengunjungu tempat – tempat yang ada di Indonesia dan bahkan sapai luar Indonesia seperti, melakukan kegiatan di kota Kediri Live-in dan kalau di luar di Singapura dan Korea dengan kegiatan International Exposure Progam,” paparnya.

Dirinya menambahkan, untuk di bidang akademik, sekolah MDC sudah banyak menghasilkan prestasi baik yang akademik dan non-akademik. Ia memberikan contoh seperti yang dilakukan siswa SMA MDC yang berhasil menjadi pemenang dalam berbagai lomba baik tingkat nasional maupun tingkat Internasional.

Itu terjadi pada Januari tahun 2017, MDC mengirim siswa bernama Yang Yang Endro Arjuno dan Raymond Sutanto di Pnom Kamboja untuk perlomban Global Youth Summit yang diikuti berbagai peserta dari luar negeri diantaranya, Singapura, Australia, Kaamboja, Vietnam, Cina dan berbagai negara lain. Alhasil, SMA MDC berhasil merebut juara satu sehingga mendapatkan Golden ticket.

“Dan dalam lomba kejuaraan Trivia UNSW yang diwakili oleh tiga siswa MDC yakni, Richard, Natan, dan Dylan yang dilaksanakan tanggal 30 September 2018 lalu, sekolah kami juga berhasil menjadi juara satu, di University of New South Wales Australia. Lomba ini menuntut peserta memiliki pengetahuan umum, matematika, sains dan ekonomi,” pungkasnya. (Tur)

Leave a Reply


*