08/01/2023

Jadikan yang Terdepan

XL Axiata Siapkan Jaringan Data Berkualitas

Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali

Nusa Dua, 5 Oktober 2019. Dalam rangka mendukung kesuksesan pertemuan tahunan International Monetary Fund-Bank Dunia di Bali, 14 Oktober 2018 di Bali, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) secara khusus mempersiapkan jaringan telekomunikasi dan data guna mendukung kelancaran agenda dunia tersebut. XL Axiata menyiapkan jaringan telekomunikasi data dari sisi kapasitas maupun area cakupan layanan untuk memastikan kualitas jaringan terjaga sehingga mendukung kenyamanan para anggota delegasiselama acara berlangsung. Pertemuan tinggi para pemimpin bidang keuangan, Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral, dari 189 negara ini diikuti hingga sekitar 15.000 orang peserta. Di dalam event besar ini, juga akan ada ratusan bahkan ribuan pertemuan lain, besar atau kecil, antar delegasi.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, “Pertemuan tahunan IMF ini sangat prestise dan memiliki nilai strategis bagi pemerintah dan Republik Indonesia. Untuk itu, menjadi kehormatan bagi kami dari XL Axiata untuk ikut mendukung kelancaran dan kesuksesannya. Kami benar-benar akan menjaga kualitas layanan telekomunikasi dan data, baik selama acara ini berlangsung maupun sebelum dan sesudahnya. Begitu juga, bukan hanya di area pertemuan saja, namun di seluruh Bali, terutama daerah-daerah wisata yang akan dikunjungi delegasi juga akan kami jaga kualitasnya.”

Menurut Yessie, XL Axiata akan melakukan penambahan kapasitas jaringan dengan cara upgradekapasitas BTS maupun transmisi, serta penguatan cakupan indoor di lokasi acara dan juga hotel-hotel resmi yang menjadi tempat bermalam dan pertemuan pada anggota delegasi kawasan Nusa Dua. Selain itu, XL Axiata juga akan menyiapkan mobile BTS (MBTS) di kawasan Nusa Dua dan Garuda Wisnu Kencana (GWK) untuk memperkuat kualitas layanan data di area yang menjadi lokasi utama pertemuan. Guna memastikan kualitas jaringan, team teknis akan terus berjaga berjaga selama acara berlangsung.

Saat ini, utilisasi jaringan data di Bali sekisar 60%. Jadi masih cukup untuk menampung kenaikan trafik hingga sekitar 30% saat acara berlangsung. Di kawasan Nusa Dua, jaringan XL Axiata ditopang oleh 123 BTS 4G dan 173 BTS 3G. XL Axiata juga telah menyiapkan Mobile BTS untuk back-up menguatan jaringan jika memang diperlukan Dengan kapasitas dan infrastruktur yang tersedia, XL Axiata optimis akan bisa memberikan layanan telekomunikasi dan data secara maksimal selama berlangsung acara.

Di seluruh Bali, XL Axiata memilikiinfrastruktur data yang sangat luas, bahkan layanan 4G LTE telah menjangkau semua kota/kabupaten di Pulau Dewata, dengan keberadaan lebih dari sekitar 1.300 BTS 4G dan lebih dari 1.800 BTS 3G yang menopang jaringan data untuk melayani lebih dari 2 juta pelanggan. (ro)