22/09/2020

Jadikan yang Terdepan

DPD ITLA Jatim Gelar Seminar Etika Profesionalitas Tour Leader di Era Millenium

Para pengurus DPD ITLA Jatim berfoto bersama seluruh peserta seminar

Surabaya, KabarGRESS.com – DPD Indonesian Tour Leaders Assosiation (ITLA) Jawa Timur menggelar Seminar Etika Profesionalitas Tour Leader di Era Millenium, bertempat di Sky Hall Lt 7 Favehotel MEX Surabaya, Jl Pregolan 1-5 Surabaya, Selasa (18/9/2018) malam. Sebanyak 100 orang hadir di event yang menghadirkan pembicara asal Jakarta, yakni Bob Moningka yang juga selaku Ketua Bidang SDM & Litbang DPP ITLA.

Kabid SDM DPD ITLA Jawa Timur, Tri Adiwijaya, mengungkapkan maksud dan tujuan diselenggarakannya acara ini mengingatkan kembali akan tugas pokok dan fungsi seorang tour leader. “Tour leader harus berkompeten, profesional dan beretika. Dengan menghadirkan pembicara yang berpengalaman akan menambah wawasan sehingga mampu menjawab tantangan era milenium,” tandasnya.

Bob Moningka saat tampil sebagai pembicara

Yang surprise pada gelaran seminar kali ini, yakni hadirnya peserta dari jauh, diantaranya Kalimantan, Sulawesi, Kupang, serta Blora Jateng. “Sebagian besar memang peserta dari anggota ITLA, ditambah peserta yang belum menjadi anggota. Lewat pembinaan dan pelatihan kami komitmen untuk meningkatkan SDM tour leader. Juga mendorong mereka yang belum gabung untuk bergabung dengan ITLA,” katanya.

Sebelumnya ITLA Jatim juga telah menggelar seminar dengan tujuan peningkatan SDM tour leader, yang pertama tentang bea-cukai; kedua, perpajakan; ketiga tentang basic Tour Leader, keempat, public speaking. “Kali ini tentang profesionalitas dan etika. Dan Oktober nanti kita gelar sharing obyek wisata,” timpalnya.

Seluruh peserta seminar sangat antusias mengikuti paparan pembicara Bob Moningka

Sebagai wadah nirlaba profesi tour leader, ITLA bertekad meningkatkan profesionalitas seluruh anggotanya yang di Jawa Timur mencapai 200 tour leader. ITLA telah menetapkan prinsip-prinsip dan standar etika yang akan mengikat anggotanya mengenai tanggung jawab profesi, sikap tingkah laku dalam menjalankan profesinya sebagai tour leader.

“Dalam melaksanakan profesinya, tour leader wajib menjauhkan diri dari segala perbuatan yang dapat merugikan dan merendahkan martabat negara, bangsa dan masyarakat, serta sesama tour leader yang tergabung dalam ITLA,” ujarnya.

Sementara itu, Bob Moningka mengingatkan para tour leader untuk terus mengupgrade diri agar sanggup menyesuaikan kemajuan jaman. “Lewat seminar, pelatihan juga pembinaan akan meningkatkan profesionalitas,” tukasnya.

Bahkan profesional saja tidak cukup karena harus didukung etika luhur dan sikap bijaksana. Terlebih di era milenial sekarang menuntut profesional ditingkatkan terus agar pelayanan kepada masyarakat khususnya wisatawan puas.

Acara seminar yang bekerjasama dengan DPD Astindo Jatim ini berlangsung lancar dan ditutup pembagian door prize serta berfoto bersama seluruh peserta seminar dan para pengurus DPD ITLA Jatim. (ro)