Clean & Clear® Ajak Remaja Surabaya Tampil Percaya Diri dengan Merangkul Keberagaman Melalui Gerakan ‘Cerita Indonesia Kita

Clean & Clear® Indonesia dan SabangMerauke berfoto bersama para Murid SMKN 6 Surabaya di kegiatan Media Briefing & Workshop Clean & Clear® peluncuran gerakan ‘Cerita Indonesia Kita’.

Surabaya7 September 2018, KabarGRESS.com – Sebagai kelanjutan dari kampanye inspiratif #ForEveryFace yang diluncurkan pada Januari 2018 lalu, Clean & Clear® telah memperkenalkan gerakan ‘Cerita Indonesia Kita’ untuk melanjutkan komitmennya dalam mengajak remaja puteri Indonesia agar tampil percaya diri apapun latar belakang, kondisi dan warna kulit mereka dengan merangkul indahnya keberagaman. Setelah peluncuran gerakan pertamanya di Jakarta bulan lalu (23/8), Clean & Clear® – sebagai brand global untuk perawatan kulit remaja terkemuka yang dicintai oleh jutaan remaja puteri di seluruh dunia – kali ini hadir di Surabaya untuk mendorong para remaja puteri disini agar dapat turut bergabung dalam gerakan ‘Cerita Indonesia Kita’ serta bangga menjadi bagian dari Indonesia yang penuh warna.

Keberagaman budaya Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari keberadaannya. Indonesia merupakan negeri yang begitu luas dengan lebih dari 17.000 pulau dan 700 suku, dengan beragam etnis, budaya, serta bahasa daerah masing-masing. Seiring arus globalisasi dan kehadiran media sosial yang telah membuka akses terhadap berbagai informasi untuk dieksplorasi, remaja Indonesia kini dihadapkan pada kurangnya pemahaman secara penuh mengenai arti keberagaman dan pentingnya mempunyai sikap toleransi yang berpotensi untuk menggeser nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika.

Dari kiri ke kanan: Rian Surachman (Brand Manager dari Clean & Clear® Indonesia) dan Ayu Kartika Dewi (Co-Founder Gerakan SabangMerauke) pada saat Sesi Media Briefing & Workshop Clean & Clear® peluncuran gerakan ‘Cerita Indonesia Kita’ di SMKN 6 Surabaya.

Maka dari itu, sangat penting bagi seorang remaja yang juga merupakan generasi penerus bangsa untuk saatnya diberikan pemahaman lebih mendalam mengenai keberagaman yang dapat membantu mereka memahami arti keragaman yang seutuhnya dalam nilai persatuan dan kesatuan bangsa serta apresiasi terhadap keunikan masing-masing. Tanpa adanya pengetahuan secara penuh tentang arti keberagaman dan nilai toleransi, seseorang akan sangat sulit berinteraksi dan bekerjasama memahami apa keinginan dan maksud tujuan orang lain. Berangkat dari itu, Clean & Clear® meluncurkan gerakan ‘Cerita Indonesia Kita’ yang bertujuan untuk menginspirasi remaja puteri Indonesia, siapapun mereka dan dimanapun mereka berada untuk dapat mengenal dan merangkul keberagaman dalam segala bentuk.

Di sela-sela acara, Rian Surachman, Brand Manager Clean & Clear®Indonesia  mengatakan, “Clean & Clear® mengerti bahwa setiap remajaitu unik dan jika mereka dapatmemahami serta menghargai hal tersebut, maka mereka bisa menikmati hidup sepenuhnya dengan penuh percaya diri. Oleh karena itu, kami ingin gerakan Cerita Indonesia Kita’ ini dapat mengajak remaja puteri untuk merangkul dan menghargai keindahan dari keberagaman itu sendiri sebagai bagian dari kehidupan mereka dalam berbagai bentukseperti warna atau jenis kulit, etnis, budaya dan bahasa. Dengan keyakinan itu juga, kami berharap remaja ini dapat terus membawa serta menjaga nilai persatuan dan kesatuan Indonesia.

Sebagai bagian dari gerakan ‘Cerita Indonesia Kita’, Clean & Clear®mengadakan Kompetisi Perjalanan ‘Cerita Indonesia Kita’ yang dimulai sejak tanggal 15 Agustus 2018 lalu dan akan terus berlangsung hingga tahun 2019 nanti. Melalui kompetisi ini, Clean & Clear® ingin mengajak para remaja puteri untuk menjelajah ke berbagai daerah pariwisata lokal di Indonesia serta mengenal langsung kebudayaan di sana, agar mereka dapat memahami perbedaan dan pada akhirnya membantu mereka untuk dapat menerima dan menghargai diri sendiri serta lebihpercaya diri untuk meraih potensi mereka masing-masing secara maksimal.

 

Kompetisi ini akan mengangkat beberapa lokasi tujuan wisata lokal di Indonesia. Untuk lokasi yang pertama, kami telah memilih kota Yogyakarta, yang terkenal dengan keindahan alam serta adat budayanya yang masih kental. Kami akan mengajak pararemaja puteri untuk mengunjungi situs pariwisata lokal, mempelajari budaya, serta berinteraksi dengan remaja puteri tuan rumah (host) serta penduduk setempat sehingga mereka benar-benar dapat merasakan nilai keberagaman secara langsung. Dengan merangkul indahnya keberagaman Indonesia, kami berharap dapat menumbuhkan rasa bangga di dalam diri mereka, dan meneruskan nilai yang mereka dapatitu ke remaja lainnya. Di sisi lain,kompetisi ini juga turut mendukung pertumbuhan pariwisata lokal,” tambahRian.

Remaja puteri Indonesia dalam rentang usia 13-21 tahun dapat mengikuti kompetisi ini, cukupdengan membeli produk Clean & Clear® varian apa saja ukuran 100ml / 100gr, atau Clean & Clear® Oil Control Film, lalu menebak lokasi persis yang diperlihatkan pada akhir video berdurasi 30 detik diwww.cerita-kita.co.id/cerita-indonesia-kita ataubit.ly/tebakdimana, serta meng-upload struk pembelian mereka. Nantinya, akan dipilih 6 (enam) orangpemenang yang berhasil menebak dengan tepat lokasi tersebut untuk kemudian diterbangkan oleh Clean & Clear® menuju destinasi tujuanwisata sesuai periode kompetisi.

Selain itu, untuk menjangkau lebih banyak remaja puteri Indonesia secara langsung, Clean & Clear® juga bekerja sama dengan SabangMerauke melakukan kunjungan ke beberapa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K) di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Surabaya. SabangMerauke adalah gerakan yang bertujuan untuk  ikut serta #merawattoleransi di Indonesia. Salah satu programnya adalah pertukaran pelajar antar daerah di Indonesia yang bertujuan untuk menanamkan semangat toleransi. Dalam kunjungan di Surabaya ini, Clean & Clear® ingin memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai keberagaman dan nilai toleransi pada anak SMA/K agar dapat menumbuhkan rasa apresiasi mereka terhadap perbedaan serta rasa bangga menjadi bagian dari Indonesia.

 

Rian menambahkan, “Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tahun 2017, Surabaya merupakan salah satu kota terbesar yang menjadi tujuan tertinggi urbanisasi[1]. Maka dapat dikatakan, kota ini merupakan kota yang sangat plural karena banyak sekali penduduknya yang berasal dari beragam etnis dan budaya, sehingga sikap toleransi sangat diperlukan untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, kami menggelar workshop ini di SMKN 6 Surabaya kepada lebih dari 100 siswi dari jurusan Usaha Perjalanan Wisata dimana nantinya mereka akan menjadi duta wisata Indonesia secara nasional maupun internasional dan dunia kerjanya di masa mendatang akan banyak berhadapan dengan keberagaman budaya. Kami berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat persatuan kepada para siswi karena mereka adalah penerus bangsa.”

Sementara itu, Ayu Kartika Dewi, salah satu Co-Founder SabangMerauke mengatakan, “Kami di SabangMerauke percaya bahwa toleransi tidak hanya dapat diajarkan, tetapi harus dialami atau dirasakan. Apa yang Clean & Clear® lakukan melalui “Cerita Indonesia Kita” untuk mendorong para remaja puteri merasa percaya diri, sejalan dengan nilai kami, karena untuk dapat menerima (perbedaan yang ada di) orang lain, kita harus bisa menerima hal-hal yang ada pada diri kita terlebih dahulu. Kami juga senang karena mendapatkan kesempatan berbagi cerita dan nilai-nilai perdamaian dengan remaja-remaja putri, karena mereka adalah wajah masa depan Indonesia. Oleh karena itu, kami sangat senang dapat menjadi bagian dari gerakan ini.  Kami berharap apa yang akan kami bagikan dapat menginspirasi putri-putri negeri ini, sehingga mereka bisa ikut serta secara nyata -sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing- untuk ikut #merawattoleransi dan mencintai Indonesia.”

 

Melalui panggilan video siaran langsung, Travel Blogger ternama, Kadek Arini berbagi pandangannya tentang keberagaman, “Sekarang ini, travelling telah menjadi semakin populer, termasuk perjalanan ke tujuan lokal di Indonesia. Seperti yang kita semua sudah tahu, Indonesia adalah negeri yang memiliki beragam suku atau etnis, budaya, serta tradisi berbeda yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Oleh karena itu, ketika sedang melakukan travelling, ada baiknya apabila kita juga berusaha untuk memahami dan menghargai perbedaan di masing-masing daerah. Bagi saya, kesempatan untuk mengenal dan berinteraksi langsung dengan penduduk lokal dan budaya mereka adalah sebuah kegembiraan. Saya senang dapat mendukung gerakanCerita Indonesia Kita oleh Clean & Clear® ini, karena tidak hanya membuka kesempatan bagi para remaja puteri untuk dapat belajar menerima perbedaan, tetapi juga kesempatan bagi mereka untuk melihat betapa indahnya Indonesia dengan berbagai keberagaman uniknya.

Clean & Clear® sepenuhnya mendukung keberagaman, dan senantiasa ingin membantu remaja Indonesia untuk merangkul indahnyakeberagaman, dimulai denganmenerima dan bangga akan diri mereka sendiri. Menyadari akan keberagaman kulit remaja, Clean & Clear® menghadirkan produk-produk untuk setiap wajah (FOR EVERY FACE), dengan formula yang diciptakan khusus untuk kulit mereka. Clean & Clear® memiliki portofolio produk yang cukup luas, antara lainFoaming Face Wash untuk melawan 99,8% bakteri penyebab jerawat dan mengendalikan minyak di wajah selama 8 jam, Natural Bright Face Wash untuk pancarkan cerah alami apapun warna kulit mereka, serta Oil Control Film untuk mengangkat minyak berlebih di wajah kapan saja di mana saja, karena Clean & Clear®adalah brand yang hadir untuk semua wajah (FOR EVERY FACE).

Rian menambahkan, “Dengan berbagai pilihan produk dari Clean & Clear® yang dapat membantu merawat kulit wajah setiap remaja, mereka tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah kulit merekaMereka hanya perlu berani untuk tampil menjadi diri sendiri, terlepas dari siapapun mereka, di manapun mereka berada, dari manapun mereka berasal, dan apa pun jenis atau warna kulit yang mereka miliki.” (ro)

Leave a Reply


*