TINJAU KERJASAMA SISTER CITY SURABAYA -LIVERPOLL KOMISI B KUNKER KE INGGRIS

Surabaya , KabarGress.com – Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kota Surabaya , mengakhiri kunjungan kerja ( Kunker ) di kota Liverpoll Inggris.

R. Edi Rachmat ,SE, MM , Sekretaris Komisi B DPRD Kota Surabaya yang ikut kunker mengatakan setiba di Inggris , ia bersama delegasi diterima oleh Walikota Liverpoll Christin, dan Wawali Liverpoll Gery.

” Kami berlima diterima Walikota dan Wawali Liverpoll ,” terang Edi, Selasa siang (4/9/2018). Menurut kang Edi lawatannya ke Inggris tersebut bagian memperkuat kerjasama Sister City Surabaya – Liverpoll Inggris.

Ada 5 point kerjasama Suster City Surabaya – Liverpoll. 5 point kerja sama dimaksud mencakup , Kultur / budaya, pendidikan, ekonomi kreatif, port ( Pelabuhan) dan sepakbola.

Lima point kerjasama tersebut dibahas bersama. ” Kami membicarakan pokok kerjasama yang mencakup lima point Sister city,” katanya.

Untuk kerjasama perdagangan misalnya, banyak produk dari Surabaya di ekspor ke Inggris. Dan Pemerintah kota Liverpoll ujar Edi cukup welcome. Bahkan Wawali Liverpoll Gerry yang juga pelaku usaha ini galerinya dipenuhi oleh produk UMKM Surabaya.

” Gerry, Wakil walikota Liverpoll dan juga pelaku usaha ini galerynya dia di dalamnya semua produk UMKM surabaya ,” jelasnya.

Menurut Edi , selaku pelaku usaha Gerry menyayangkan pelaku UMKM Surabaya selama ini belum mampu memenuhi sesuai permintaan.

” Patut disayangkan memang. Untuk mencari tahu duduk soalnya seperti apa, kami akan panggil dinas perdagangan . Kita akan RDP dengan dinas perdagangan,” tambah dia.

Sementara terkait sepakbola di Surabaya, Liverpoll siap meningkatkan kerjasama bidang ini. Demi sepakbola Surabaya maju, Liverpoll minta Surabaya bisa mengirim pemain dan pelatihnya .

Para pelatih nanti akan dilatih supaya menjadi pelatih handal dan profesional. ” Jadi selain pemain berbakat yang dilatif pelatih menurutnya juga harus dilatih ,” katanya lagi. ( hery)

Leave a Reply


*