PANJAT PINANG SEMARAKAN HUT RI KE 73 SEKELOR SELATAN

Sidoarjo , KabarGress.com – Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke .73 Dusun Sekelor Selatan Desa Watutulis , Prambon, Kabupaten Sidoarjo Minggu (25/8/2018) ,yang berlangsung pagi hingga sore tadi cukup meriah.

Beberapa acara dilaksanakan mulai Minggu pagi hingga sore hari, bejalan lancar sesuai agenda. Pagi hari sekira pukul 06 pagi wib ratusan warga sembari membawa kupon berdatangan ke lokasi. Kedatangan mereka untuk mengikuti senam sehat .

Senam sehat dipandu tiga instruktur senam cukup berpengalaman membuat acara menjadi hidup , serta semarak. Jalan Sekelor Selatan Desa Watutulis mulai ujung timur panggung dan sisi barat panggung nampak dipenuhi ratusan orang warga yang asyik dan larut mengikuti gerak senam instruktur.

Selesai senam , acara dilanjutkan bagi – bagi door prize yang disediakan oleh Dondik As dan Sri Wulandari tokoh Desa Watutulis. Puluhan jenis hadiah berupa, 1 unit kulkas , 2 unit kipas angin, 2 unit kompor gas, blender, reskuker, dispanser, 10 unit panci, 5 sak beras netto 5 kg, 5 buah plastik berisi minyak goreng 2 kg, bak sampah ,dan masih banyak lagi.

Ditengah senam berlangsung , Sri Wulandari , memanggil peserta yang dianggap nyleneh gerakan senamnya naik ke atas panggung, lalu memberikan selembar uang lima puluh ribuan . Setelah semua hadiah selesai dibagikan , selanjutnya lomba panjat pinang .

Dua batang pinang berukuran sedang dan tinggi ditanam pas ditengah sungai desa. Yang ketinggiannya sedang di peruntukan untuk anak – anak dan ibu – ibu. Sedangkan batang pinang yang tinggi pesertanya khusus untuk dewasa.

Para peserta panjat pinang ini berlangsung meriah. Masing -masing ingin saling dulu sampai diatas. Tapi karena batangnya licin tak jarang para peserta yang saling memanjat teman di atasnya untuk lebih dulu sampai di atas justru terpelanting jatuh ke bawah.

Penonton yang menyaksikan pun lalu teriak dan bersorak. Gemuruh , dan pastinya sangat menghibur. Tontonan rakyat yang harus dilestarikan sebagai bentuk kepedulian terhadap ke arifan lokal, sebagai peninggalan sejarah.

Dondik As, tokoh Desa Watutulis dan Ketua DPC Hanura Kabupaten Sidoarjo, yang mendukung terselenggaranya peringatan HUT RI ke 73 di desanya , mengaku merasa puas acara ini berjalan sesuai rencana. ” Seneng, acara bisa berjalan sesuai rencana ,” katanya.

Ungkapan senada disampaikan Ketua RW O5 Sekelor Selatan Jasmanto. ” Saya sangat senang HUT RI tahun ini berlangsung sukses. Sebab acara seperti ini beberapa tahun ini sempat vakum. Berkat dukungan Pak Dondik, dan dukungan Pak Kades , HUT RI tahun ini bisa kami laksanakan kembali. Dan seperti yang kita lihat antusiasme warga begitu tinggi hingga HUT RI tahun dapat kamj laksanakan dengan baik , ” tuturnya. ( hery)

Leave a Reply


*