20/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Oktober, Indonesia Jadi Tuan Rumah IMF-WBG Annual Meetings 2018

Jember, KabarGRESS.com – Pada Oktober 2018 mendatang, Indonesia akan menjadi tuan rumah Pertemuan Keuangan Terbesar di dunia, yaitu Pertemuan Tahunan IMF – Bank Dunia 2018 (IMF-WBG Annual Meetings).

Asisten Direktur Bank Indonesia Task Force on IMF-WB Annual Meeting 2018, Arditya Dinar Fiskiawan, mengungkapkan terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah menunjukkan tingginya kepercayaan dunia internasional, sekaligus bentuk pengakuan atas keberhasilan Indonesia di bidang ekonomi.

Acara ini akan dihadiri Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari 189 negara anggota IMF dan World Bank, para investor, pelaku bisnis, instansi parlemen, komunitas perbankan, akademisi, media dan partisipan lain, yang totalnya diperkirakan lebih dari 15.000 orang.

“Berbagai kegiatan yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, 12 – 14 Oktober 2018 nanti diharapkan memberi manfaat besar bagi masyarakat Indonesia, baik manfaat jangka panjang maupun jangka pendek,” terang Arditya di sela-sela acara Pelatihan Wartawan se-Jatim yang digelar Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur di Jember, Kamis (23/8/2018) malam.

Menurutnya, selain dampak langsung yang bisa dirasakan berupa devisa, acara ini juga sebagai ajang promosi pariwisata serta kemajuan perekonomian Indonesia.

“Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki kesempatan tampil dan memperkenalkan diri sebagai negara dengan tingkat pertumbuhan yang baik di banyak bidang, sekaligus mempromosikan potensi-potensi sumber daya yang dimiliki, serta kebijakan-kebijakan ekonomi yang reformis, adaptif dan berdaya tahan,” jelasnya.

Arditya juga menyampaikan, terkait akan pelaksanaan IMF World Bank Annual Meetings 2018 tersebut, Bank Indonesia menggelar lomba karya tulis artikel opini dan featured news.

Tema lomba, lanjut Arditya di acara yang dihadiri Kepala BI KPw Jatim Difi A.Djohansyah ini, “Ketika Dunia Datang ke Indonesia: Memanfaatkan Momentum Pertemuan Ekonom dan Keuangan Terbesar di Dunia Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia”.

Dijelaskan, lomba karya tulis artikel opini dan featured news ini terbagi dua kategori, featured news untuk wartawan dan artikel opini untuk masyarakat umum, dengan syarat panjang tulisan minimal 1.500 kata dan telah dimuat di media cetak atau online edisi 1 Januari sampai 31 Agustus 2018.

Karya lomba dikirimkan ke alamat email Panitia Lomba di am2018_bi@bi.go.id dengan
melampirkan naskah dan bukti penayangan di media pers baik cetak ataupun online, paling lambat tanggal 4 September 2018.

Nama-nama pemenang lomba akan diumumkan 19 September 2018 di website Bank Indonesia (www.bi.go.id) dan web site Panitia Nasional Annual Meetings IMF WB 2018 (am2018bali.go.id).

Arditya berharap masyarakat umum dan para wartawan, terlebih yang mengikuti pelatihan ini, ikut lomba karya tulis ini. Panitia menyediakan hadiah yang sama untuk kedua kategori tersebut, masing-masing Macbook Pro 256 GB untuk Juara 1, Macbook Air 256 GB untuk Juara 2, dan Samsung Galaxi S9 untuk Juara 3, serta masing-masing Rp1 juta untuk 7 finalis. (ro)