08/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Back To Campus Direktur Regional Sulawesi PT PLN (Persero) Dalam Program Magang Bersertifikat

Memberikan motivasi kepada mahasiswa Fakultas Teknik Elektro yang akan mengikuti program magang bersertifikat

Surabaya 9 Agustus 2018, KabarGRESS.com – Direktur Regional Sulawesi, Syamsul Huda di kampus ITS Surabaya memberikan motivasi kepada mahasiswa Fakultas Teknik Elektro yang akan mengikuti program magang bersertifikat.

Syamsul Huda merupalan alumni ITS Fakultas Teknik Elektro E27 angkatan 1987 masuk ITS dan lulus tahun 1993 yang pada saat ini menjabat sebagai Direktur Regional Sulawesi.

Di hadapan sekitar 125 mahasiwa Teknik Elektro Syamsul Huda memaparkan kondisi dan proses bisnis PLN saat ini. dimana sampai saat ini PLN mempunyai pelanggan sebanyak 65.300.300 pelanggan dengan pertumbuhan kapasitas 7.000 MW/tahun .

Untuk megelola bisnis PLN dihadapkan pada konsumsi BBM yang harus dikendalian untuk tidak bertambah setiap tahunnya bahkan sedapat mungkin perlu menurunkan pemakaian bbm setiap tahun kedepannya.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut PLN harus memanfaatkan energi lain selain bbm, bahkan dituntun untuk meningkatkan pemakaian energi baru dan terbarukan (EBT), sementara peningkatan kebutuhan listrik setiap tahunnnya mencapai 7.000 MW.

Syamsul Huda juga menjelaskan Kondisi kelistrikan Nasional saat ini dalam kondisi aman dan tercukupi artinya tidak ada satu kota pun di Indonesia ini yang kekurangan energi listrik.

Dalam memenuhi kebutuhan listrik di 5 tahun ke depan PLN mempunyai program 35.000 MW, yang dipenuhi mulai dari pembangunan pembangkit, jaringan tegangan tinggi hingga pembangunan tegangan menengah dan rendah agar kebutuhan listrik di Indonesia untuk mendorong ekonomi nasional dapat terpenuhi baik jangka menengah maupun jangka panjang dengan mempertimbangkan pemakaian energi primer yang relevan dan murah. Untuk pembangunan pembangkit dapat dipenuhi dari PLN ataupun IPP.

Di hadapan mahasiswa Teknik Elektro, Syamsul Huda juga mengajak mahasiswa untuk melakukan penelitin dan berinovasi memanfaatkan teknologi baterai atau solar cell untuk mengantikan kapal motor sebagai alat transportasi sungai/selat yang saat ini masih menggunakan motor bakar (bensin/solar) agar dapat mengurangi konsumsi bahan bakar minyak.

Masih banyak inovasi-inovasi yang perlu di riset oleh mahasiswa untuk dapat memajukan PLN sebagai perusahaan penyediaan energi listrik guna kehidupan yang lebih baik pungkas Syamsul Huda.

Sementara itu, Manajer Komunikasi Hukum dan Administrasi Distribusi Jawa Timur, Dwi Suryo, menambahkan bahwa Program BUMN Hadir di Kampus ini merupakan bentuk kepedulian PLN kepada Kampus agar mahasiswa lebih mengenal kondisi proses bisnis PLN dan perkembangan saat ini serta memberikan kesempatan kepada kampus untuk ikut meneliti sehingga bisa berinovasi demi kemajuan perusahaan dimasa depan.

Dalam keterangannya Mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mlaksakanan program magang selama satu semester dan selama magang akan diberikan dana yang cukup berupa uang saku dan nantinya penelitian yang dihasilkan mahasiswa akan dapat dimanfaatkan untuk kemajuan PLN. (ro)