28/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Dewan Minta Pemkot Segera Turunkan Gaji 13 Untuk PNS

Surabaya, KabarGress.Com – Molornya gaji 13 yang tidak segera dikeluarkan oleh pemerintah kota (pemkot) Surabaya untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) membuat anggota komisi B DPRD kota Surabaya, Baktiono angkat bicara.

Politisi asal fraksi PDIP ini meminta pemkot Surabaya agar gaji 13 yang memang sudah menjadi jatah PNS bisa segera dikeluarkan. Sebab, sebagaian kabupaten atau kota lain yang tidak memiliki Anggaran Pembelanjaan dan Pendapatan Daerah (APBD) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Surabaya yang mencapai Rp 9 triliun sudah bisa cair.

“Kenapa Surabaya yang APBD atau PADnya (Pendapatan Asli Daerah) cukup besar tidak bisa mengeluarkannya,” ucap Baktiono.

Padahal, lanjut Baktiono, gaji 13 ini adalah keputusan langsung dari pemerintah pusat, menteri dalam negeri (mendagri), dan instruksi dari presiden.

“Kalau memang pemerintah kota ragu-ragu terjadi masalah di mata hukum, bisa nanti pemkot surabaya mengundang pakar hukum tata negara, bisa juga KPK, kejaksaan dan kepolisian untuk bediskusi,” ujarnya.

Legislator selama empat periode di DPRD ini menambahkan, dengan adanya diskusi yang dilakukan pemkot dengan seluruh instansi tersebut, nantinya bisa mendorong pemkot segera memberikan hak para PNS.

“Karena kita mampu untuk melakukan itu (menurunkan gaji 13) maka dari itu kami mendorong pemerintah kota segera menurunkan gaji 13, karena itu sudah di tunggu-tunggu,” pungkasnya. (Tur)