09/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Pemkot Surabaya Bentuk Tim Buru Ikan Araipama

Surabaya, KabarGress.Com – Pemkot Surabaya bergerak cepat untuk meminimalisir perkembangbiakan ikan araipama yang diperkirakan masih ada di sungai kawasan Surabaya. Pemkot Surabaya membentuk tim yang terdiri dari Satpol PP, Pemadan Kebakaran (PMK) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Dari pantaun Radar Surabaya, tim yang bergerak mulai kemarin (4/7/2018) tersebut sudah menyusuri kawasan sungai di Kalimas hingga Rolak Wedok. Sebanyak tiga kapal boat diterjunkan menyisir sejumlah kawasan sungai yang diperkirakan menjadi tempat mencari makan ikan predator tersebut.

Kepala Satpol PP Surabaya Irvan Widyanto mengatakan, tim dibentuk untuk memburu ikan araipama yang diperkirakan mulai masuk kawasan sungai di Surabaya. nantinya, tim akan bergerak secara rutin hingga menemukan ikan yang bisa memangsa ikan kecil dan spesies sungai di kawasan Surabaya. “Tim terus bergerak terutama di kawasan sungai di Rolak yang juga ditemukan ikan araipama oleh warga setempat,” ujarnya.

Irvan yang juga menjadi plt Kepala PMK ini menegaskan, dalam patroli itu, timnya juga memberikan sosialisasi kepada warga sekitar tentang bahaya ikan yang memiliki habitat asli di sungai Amazon tersebut. Sosialisasi itu diharapkan bisa membantu tim menemukan ikan yang panjangnya bisa mencapai dua meter lebih tersebut. “Laporkan kepada petugas jika melihat biar tim yang akan tangkap,” tegasnya.

Menurutnya, patroli dilakukan karena harapannya ikan araipama tidak bisa berkembang biak di sungai kawasan Surabaya. Dengan menangkap ikan tersebut, maka ekosistem di sungai kawasan Surabaya bisa terjaga dengan baik. “Jika ada laporan masuk akan kita terjunkan tim untuk segara ambil tindakan,” jelasnya.

Di juga berpesan agar warga sekitar tidak melakukan penangkapan sendiri di sungai. Hal tersebut dikhawatirkan akan membahayakan warga sendiri. “Biarkan tim yang bekerja dengan alat yang sudah disiapkan,” pungkasnya. (tur)