Sekdaprov Jatim Berangkatkan Pemudik Jalur Kereta Api

Surabaya, KabarGRESS.com – Sekretaris Daerah Pemprov Jatim, Akhmad Sukardi memberangkatkan angkutan kereta mudik gratis KRD Kertosono, di Stasiun Gubeng Surabaya, Selasa (12/6/2018). Sebanyak 359 penumpang telah diberangkatkan melalui program mudik gratis itu.

Tampak hadir Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Wahid Wahyudi, Anggota DPR RI Komisi V, Bambang Haryo, dan Kepala PT KAI Daop 8 Surabaya, Djainuri.

Sekretaris Daerah Pemprov Jatim, Akhmad Sukardi, mengatakan program mudik gratis ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat. “Dengan begitu, masyarakat tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk transportasi. Nanti uangnya dibelanjakan di rumahnya. Jadi perekonomian di desanya bisa berjalan,” ungkap Sukardi.

Selain itu, program mudik gratis ini untuk menekan angka kecelakaan di jalan. Terutama menggiring para pemudik yang biasanya menggunakan motor, untuk beralih ke angkutan umum. Namun sejauh ini, menurutnya jumlah pemudik yang menggunakan motor sudah mulai berkurang dari tahun sebelumnya.

“Kami inginkan tidak ada kecelakaan atau zero accident. Program ini terbukti bisa mengurangi kecelakaan. Orang mudik menggunakan sepeda motor sudah berkurang. Karena dulu ada orang mudik naik sepeda motor kadang-kadang isinya penumpang empat di belakang ditambah kayu pake tas. Waduh sangat luar biasa risikonya. Nah sekarang risikonya minim, dia naik kereta, keretanya ber-AC, nyaman sampai tujuan selamat, dapat bingkisan lagi. Jadi dia tersenyum sangat senang dengan program Pemprov jatim,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala PT KAI Daop 8 Surabaya, Djainuri,
mengatakan sejak H-4 lebaran atau Senin (11/6/2018) kemarin, tercatat ada sekitar 200 ribuan penumpang yang sudah diberangkatkan. Angka tersebut naik sekitar 4 persen dari tahun sebelumnya. (ro)

Leave a Reply


*