09/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Jelang Arus Mudik Lebaran, Dewan Lakukan Sidak di Stasiun dan Terminal

Ketua DPRD Surabaya, Armuji, melakukan sidak di stasiun Gubeng dan terminal Purabaya

Surabaya, KabarGress.Com – Faktor keamanan dan kenyamanan arus mudik jelang lebaran menjadi perhatian DPRD Surabaya. Untuk memastikan kondisi para pemudik, Ketua DPRD Surabaya Armuji melakukan sidak di stasiun Gubeng dan terminal Purabaya.

Sidak pertama dilakukan Armuji di stasiun Gubeng. Politisi PDI Perjuangan tersebut didampingi anggota Komisi B Erwin Tjahjuadi bersama dengan Kepala stasiun Gubeng Supriyadi. Armuji bertatap muka dengan penumpang kereta api (KA) Ranggajati jurusan Cirebon di dalam gerbong.

Armuji berbincang dengan para penumpang untuk memastikan kondisi pelayanan KA kelas bisnis-eksekutif tersebut. “Mau kemana gimana kondisi kereta apinya,” tanya Armuji kepada para penumpang, Selasa, (5/6/2018).

Di dalam stasiun, dirinya juga melihat kondisi stasiun yang sudah membaik. Baik itu dari sisi fasilitas maupun pelayanan dan keamanan di luar dan dalam stasiun. “Pokoknya nyaman dan aman penumpang sudah senang,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, layanan bagi penumpang KA saat ini sudah bagus. Namun, peningkatan pelayanan itu juga harus dilakukan terus menerus. Antisipasi membludaknya para penumpang saat arus mudik dan balik harus diwaspadai. “Keamananya harus ditingkatkan itu yang jadi perhatian,” ucapnya.

Selain itu, imbuhnya para penumpang yang sudah kehabisan tiket juga harus diantisipasi. Pihak stasiun hendaknya memiliki solusi untuk menampung penumpang yang dikhawatirkan keleleran karena tidak dapat tiket yang dibeli secara online.

Kepala stasiun Gubeng Supriyadi mengatakan, ada dua KA tambahan untuk persiapan tambahan penumpang. Diperkirakan titik arus balik jumlah penumpang mencapai 11 ribu penumpang. Meningkatnya jumlah penumpang diperkirakan pada H-4 lebaran. “Kita sudah koordinasi untuk keamanan dan pelayanan di stasiun hingga arus balik nanti,” ujarnya. (adv/tur)