Siswa SD Muhammadiyah 4 Pucang Terima Pesan Pentingnya Toleransi

Kasat Binmas, Kompol Sri Andriani mengisi Darul Arqam SD Mudipat

Surabaya, KabarGRESS.com – Suasana Darul Arqam kelas 5 SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya sangat meriah, Senin (28/5/2018). Pasalnya, acara itu kedatangan tamu istimewa yaitu rombongan dari Binmas Polrestabes Surabaya. Rombongan ini dipimpim Kasat Binmas, Kompol Sri Andriani.

Di hadapan 278 siswa, Bu Sri, panggilan akrabnya, menyampaikan tentang pentingnya toleransi. Mulai dari penjelasan tentang apa itu toleransi, macam dan contohnya hingga wujud dari toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.

Ia menegaskan, toleransi adalah saling menghargai satu sama lainnya. Mengapa kita harus bertoleransi, sebab manusia diciptakan Tuhan beragam. ”Misalnya ada yang memiliki hidung mancung, berkulit hitam dan lain-lain,” ia memberi contoh.

”Sedangkan alasan yang kedua, di negara kita Indonesia terdapat beraneka ragam budaya, suku, agama dan bahasa. Perbedaan itu bukan untuk dipertentangkan, tapi untuk dipersatukan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia memberi contoh bagaimana wujud toleransi dalam beragama. ”Toleransi itu bisa diwujudkan dengan melaksanakan ajaran agama dengan baik. Tidak memaksakan agama kepada orang lain. Menghormati agama yang diyakini orang lain. Serta tidak memandang rendah agama orang lain,” terangnya.

Suasana semakin semarak ketika sesi tanya jawab. Para siswa dengan antusias mengajukan pertanyaan. Seperti Rifqi Zaki dari kelas 5-B. Ia bertanya, ”Apakah polisi itu memang harus mengorbankan segalanya untuk melindungi masyarakat?”.

Dengan sabar Bu Sri menjawab, ”Ya, sebab tugas polisi itu memang untuk melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat.”

Di akhir sesi tidak lupa Bu Sri berpesan,  yang tua harus menyayangi yang muda. Sedangkan yang muda harus menghormati yang tua. Perbedaan suku, ras, bahasa, agama maupun perbedaan yang lainnya, haruslah menjadi sumber kekuatan untuk membangun persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. (*/ro)

Leave a Reply


*