09/01/2023

Jadikan yang Terdepan

PJB Bertengger di Kancah Internasional Melalui Excellence in Energy Management Award

Surabaya, KabarGRESS.com – Sobat PJB, berita menggembirakan datang di pertengahan tahun ini, dimana perusahaan kita kembali bersinar di kancah internasional dengan diraihnya Award of Excellence in Energy Management oleh UP Gresik. Penghargaan yang diberikan oleh Clean Energy Ministerial (CEM) ini merupakan penghargaan tertinggi dalam 2018 Energy Management Leadership Award yang diselenggarakan di Copenhagen, Denmark (24/5).

PT PJB, yang diwakili Sugiyanto selaku Direktur Operasi-1, menjadi salah satu dari tiga penerima penghargaan tersebut, bersama dengan An Garda Síochána dari Irlandia, dan PJSC Magnitogorsk Iron & Steel Works dari Rusia. Dalam kesempatan yang sama, PT PJB UP Paiton juga menerima penghargaan Energy Management Insight Award.

Award of Excellence in Energy Management yang diterima UP Gresik merupakan penghargaan atas upaya perusahaan dalam mentransformasi penggunaan energi dalam organisasi. Untuk lolos kualifikasi sebagai penghargaan, perusahaan harus mampu melakukan beberapa hal, diantaranya mengimplementasikan sistem manajemen energi yang telah lolos sertifikasi internasional dengan standar ISO 50001, membuat rangkuman proses dan keuntungan dari hasil yang didapat, serta mengirimkan studi kasus untuk dianalisis. Para pemenang ditentukan oleh panel independen yang terdiri dari para ahli tingkat internasional.

PT PJB UP Gresik lolos sebagai pemenang karena telah mengimplementasikan dengan baik standar ISO 50001 sehingga mampu melakukan penghematan sebesar US$9.69 juta dan mengurangi emisi CO2 hingga 2.72 juta metrik ton dalam 3 tahun terakhir.

“Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh elemen di unit pembangkit PT PJB yang terus mengedepankan efisiensi energi. PT PJB berkomitmen untuk terus mengevaluasi dan mengoptimalkan sistem manajemen energi di seluruh unit pembangkit sehingga dapat memberikan keunggulan bisnis sekaligus berkontribusi dalam pelestarian lingkungan”, papar Sugiyanto.

Program penghargaan dari CEM ini menekankan manfaat dari segi energi, lingkungan, dan bisnis yang diraih oleh perusahaan setelah berinvestasi dalam efisiensi energi. Secara kolektif, 50 organisasi yang ikut dalam penghargaan ini telah melakukan penghematan biaya produksi energi sebesar US$383 juta dan mengurangi emisi CO2 sebesar 4.3juta metrik ton atau senilai dengan jumlah emisi dari 916.000 kendaraan bermotor.

Christian Zinglersen, Head of Clean Energy Ministerial, menyatakan bahwa pihaknya sangat gembira melihat banyaknya perusahaan yang ikut serta dalam Energy Management Leadership Award. Zinglersen menambahkan bahwa ia sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan dan berharap pencapaian PT PJB dapat menginspirasi perusahaan energi lainnya untuk melangkah ke arah yang sama. (ro)