Ketua DPRD: Peserta Didik Harus Berkarakter 

• Wisuda SMA Karya Pembangunan Ngawi

Suasana gelar seni dan wisuda SMA KP

Ngawi, KabarGRESS.com – Sekolah  tidak  cuma  memberi  rasa aman-nyaman pada peserta didiknya,   namun peserta didik  harus juga mendapatkan pendidikan karakter sehingga menjadi generasi yang memiliki kemampuan secara intelektual dan kepribadian.

“Sudah  waktunya  sekolah  memberi ruang  yang seluas-luasnya pada anak didik. Memberi pendidikan agar jiwa anak didik  berkarakter,” ujar  Ketua DPRD Kabupaten Ngawi Dwi Rianto Jatmiko  di acara gelar seni dan wisuda siswa-siswi  SMA Karya Pembangunan (KP) Paron Ngawi  Selasa (1/5) di Gedung Aula STIT Islamiyah KP Paron Ngawi.

Menurut alumnus  SMA KP ini, sekolah   punya bobot yang sangat  istimewa apabila  terus-menerus  melakukan pembinaan terhadap siswa-siswanya, disamping  memberi pelajaran umum.  Pembinaan meliputi  pendidikan  karakter, pemberian life skill sesuai dengan  potensi yang dimiliki siswa.  Nah,  begitu lulus  mereka dibutuhkan  masyarakat. Sekolah harus memberi bekal agar mampu berinteraksi dengan masyarakat,” kata  Antok, begitu panggilan akrabnya.

Antok yang juga Ketua DPC PDIP Kabupaten Ngawi ini  mengamati persaingan sekolah makin ketat.  Antar sekolah melakukan berbagai terobosan untuk mendapatkan  simpati dan kepercayaan masyarakat. Termasuk SMA KP Paron  berhasil    menunjukkan eksistensinya  di masyarakat hingga dipercaya masyarakat. “SMA KP sudah teruji dan menuju puncak.  Bertahun tahun  masih tetap berdiri tegak di tengah-tengah persaingan,” katanya.

Dia berharap agar siswa-siswi tidak takut bermimpi dalam mengejar cita-cita. Terus semangat untuk mencapai sukses. “Kalau ada pepatah gantungkan cita-citamu setinggi langit, tapi  ada lagi  pepatah gantungkan cita-cita sampai langit sap tujuh, kalau  digantung di sap tujuh kalau kamu jatuh pasti akan jatuh di bintang-bintang di langit.  Kalau kamu mengejar cita-cita maka jatuhnya akan sukses juga Karena  jatuhnya di bintang. Tidak ke bumi,”  tutur mengkiaskan cita-cita.

Kepala Sekolah SMA KP, Bagus Suyono mengingatkan kepada wisudawan selalu semangat mencapai sukses. “Jangan lupa selalu berbakti kepada orangtua, terus berjuang” ujarnya

Sementara itu,  wisuda kali ini diwarnai isak haru Seolah   mereka berat meninggalkan  sekolah yang telah mengantarkan hingga lulus. Isak haru disaksikan para orangtua wali, guru-guru, siswa kelas 10 dan 11.  Selain itu   siswa yang berhasil menyelesaikan target hafalan  di Ponpes Asy-Syakur,  juga  diwisuda  di acara itu.  Mereka siswa SMA KP Paron juga mondok di ponpes dbawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Pondok Karya Pembangunan (YPI-PKP). (gie)

Leave a Reply


*