EKSPLORE TAHURA R SOERJA , DINAS KEHUTANAN BAKAL GELAR LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

Surabaya , KabarGress.com – Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur bulan Mei besuk bakal gelar giat lomba karya tulis ilmiah kehutanan . Lomba karya tulis bertempat di Rupatama Dinas Kehutanan rencananya dilaksanakan selama tiga hari mulai Senin – Rabu ( 7-9/ 5).

” Minggu pertama bulan Mei besuk kita laksanakan ,” kata Kabid PKHKA Iwan , S.Hut, MM, di ruang kejanya , Rabu (25/4/2018)siang.

Lomba karya tulis ilmiah kehutanan provinsi Jawa Timur menurutnya merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun. Pesertanya pelajar ,mahasiswa dan masyarakat umum.

Menurut Mas Iwan demikian Kabid PKHKA ini akrab disapa , lomba karya tulis ilmiah kehutanan kali ini berbeda dibanding tahun kemarin. ” Kalau tahun kemarin bersifat umum, materinya sekarang lebih fokus ke soal potensi Taman hutan raya (Tahura ) R. Soerja ,” ujar pejabat murah senyum ini menerangkan.

” Intinya, giat lombar karya tulis yang akan dilaksanakan Mei besuk itu lebih meng – eksplore potensi Tahura ,” imbuh dia.

Termasuk pengenalan ekologi, ekonomi dan sosial budaya ( Sosbud) Tahura R. Soerja. Oleh karena itu para peserta fokus mengangkat soal -soal diatas. ” Giat lomba karya tulis juga terkait pengamatan, serta pengenalan berbagai jenis burung endemik ,” tuturnya.

Yang dimaksud dengan ekologi, ekonomi dan sosbud , Tahura R. Soerja sebagai hutan alam , juga sebagai daerah tangkapan air . Untuk itu Tahura R. Soerja satu hutan yang dikelola dan di bawah tanggungjawab provinsi Jawa Timur harus mampu di jaga kelestariannya, dimana hal itu bagian dari upaya mempertahankan ekosistem maupun ekologinya.

Sementara dari aspek ekonominya Tahura R. Soerja faktanya ikut mengkontribusi terhadap pendapatan asli daerah . ” Sebab tahura ,juga merupakan daerah wisata alam. Alamnya yang eksotik sehingga Tahura merupakan destinasi wisata alam di Jatim ,” tandasnya.

Lewat giat lomba karya tulis ilmiah kehutanan , dapat memberikan informasi secara utuh, apa dan bagaimana Tahura, serta mampu memberikan spirit bagi pelajar, masiswa generasi muda dan masyarakat umum turut secara aktif menjaga keberlangsung Tahura R. Soerja ke depan. ( hery)

Leave a Reply


*