Komisi D Targetkan UNBK SMP/MTs Masuk Lima Besar di Jatim

Surabaya, KabarGress.Com – Komisi D DPRD Surabaya menargetkan penaikkan peringkat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Kota Surabaya tingkat SMP di Jawa Timur. Sebelumnya, Surabaya berada di peringkat 15 dari seluruh kota/kabupaten di Jawa Timur. Untuk tahun ini, Surabaya ditarget masuk dalam 5 besar.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Junaidi mengatakan, target tersebut sangat masuk akal dengan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan di Surabaya yang cukup memadai.

Terlebih, ujar Kaji Jun, sapaan akrab politisi Demokrat tersebut, dukungan anggaran dari Pemkot Surabaya cukup besar untuk pendidikan. “Anggaran pendidikan 30 persen dari total APBD Kota Surabaya sebesar Rp 9,1 triliun,” katanya.

Menurutnya, selain dukungan anggaran serta sarana dan prasarana, pembinaan secara menyeluruh terhadap kualitas SDM pengajar (guru,red) juga harus terus ditingkatkan. “Ini berkaitan dengan sistem pendidikan yang berkembang secara dinamis,” ungkap Junaedi.

Hal serupa dikatakan anggota Komisi D, Reni Astuti. Menurutnya sangat mungkin siswa Surabaya menaikan grade dalam hal perolehan nilai UNBK tahun ini.

“Semua sekolah di Surabaya sudah terkonver dari segi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan UNBK, makanya harusnya bisa masuk lima besar,” tegasnya.

Sementara soal evaluasi hari kedua pelaksanaan UNBK SMP/Mts yang dilaksanakan kemarin, komisi D mengklaim semuanya berjalan dengan lancar.

Leave a Reply


*