09/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Maria Juara Indonesian Idol 2018

Jakarta, KabarGRESS.com – Perjalanan panjang ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2018 telah mencapai puncaknya. Bukan sebuah perjalanan yang mudah bagi Maria Simorangkir dan Ahmad Abdul untuk membuktikan bahwa mereka layak berada di posisi Top 2 Indonesian Idol 2018. Setelah minggu lalu (16/4) mereka mempersembahkan penampilan terbaiknya di grand final Indonesian Idol, hari ini (23/4) mereka dipertemukan kembali di panggung result & reunion show untuk menentukan siapakah yang akan menjadi the next Indonesian Idol 2018. Gelar “The first Indonesian Idol” akhirnya jatuh ke tangan Maria. Ia berhasil menjadi juara setelah memenangkan raihan dukungan dari saingan beratnya, Abdul.

 

Kemenangan Maria disambut riuh fans dan keluarganya yang memadati lokasi result & reunion show di Ecovention, Ancol, Jakarta Utara. Perjuangan Maria menjadi juara ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2018 tidaklah mudah. Maria harus mengalahkan ratusan ribu peserta audisi di seluruh Indonesia. Kemunculan Maria langsung memikat hati para juri pada saat audisi membawakan lagu Sampai Habis Air Mataku dari Novita Dewi.

 

Result & reunion show Indonesian Idol 2018 dimeriahkan oleh sederet bintang tamu ternama seperti Glenn Fredly, Sandhy Sondoro, Saykoji, Reza Artamevia, Via Vallen, Donie Sibarani, Armada dan RAN yang berkolaborasi dengan para grand finalis serta TOP 12 Indonesian Idol 2018.

Panggung result & reunion show Indonesian Idol dibuka oleh penampilan dari Via Vallen yang berduet dengan Kevin Idol membawakan hits nya yang berjudul ‘Sayang’. Disusul oleh penampilan kolaborasi lain antara TOP 12 Indonesian Idol 2018 dengan para bintang tamu yang berhasil ‘membakar’ panggung result & reunion show dengan hits terbaik mereka yang pernah dibawakan di panggung Indonesian Idol sebelumnya.

 

Kolaborasi yang tak kalah spektakuler dibawakan oleh para grand finalis, Maria dan Abdul dengan bintang tamu. Bersama Sandhy Sondoro, Maria berhasil membawakan lagu medley  ‘Tak Pernah Padam’ dan ‘Gejolak Cinta’. Sementara Abdul tak mau kalah membawakan medley ‘Kasih Putih’ dan ‘Hikayat Cinta’ bersama Glenn Fredly dengan sangat apik.

 

Dalam penampilan solo pun, para grand finalis berhasil ‘membius’ para juri dan penonton. Terbukti ketika Abdul menyanyikan salah satu lagu dari Maroon 5 yang berjudul ‘Won’t Go Home Without You’ dan Maria membawakan lagu ‘Stand Up For Love’ milik Destiny’s Child yang disusul oleh gemuruh tepuk tangan serta standing applause dari seluruh juri dan penonton di Ecovention, Ancol.

Kolaborasi selanjutnya dipersembahkan oleh Glenn Fredly bersama TOP 10 Indonesian Idol 2018 membawakan lagu ciptaannya yang berjudul ‘Karena Cinta’ dengan penghayatan penuh dan berhasil menggiring emosi para juri serta penonton. Berikutnya giliran sang juri Judika yang berduet bersama Komjen Pol. Heru Winarko selaku Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) membawakan lagu ‘Ku Tak Bisa’ milik grup band Slank. Tak henti sampai di situ, kolaborasi juga dilakukan oleh para juri, TOP 12 Indonesian Idol dan grand finalis membawakan lagu ‘Kemesraan’ di penghujung acara.

Suasana Ecovention mendadak riuh ketika host Daniel Mananta dan co-host Sere Kalina mengumumkan bahwa Maria kontestan asal Medan yang menjadi juara di Indonesian Idol 2018.

Aku senang banget dan gak menyangka. Bersyukur sama Tuhan, karena semua adalah berkat Tuhan dan tanpa dukungan kalian semua aku gak mungkin ada di sini dan berhasil seperti ini. Terima kasih,” ujar Maria ketika ditemui saat jumpa pers usai acara tersebut berlangsung.

 

Maria merupakan kontestan asal Medan yang terpilih melalui big audition di Medan. Maria selalu mampu menjawab setiap tantangan dari para juri untuk membawakan berbagai macam aliran lagu, bahkan ia dijuluki sebagai kontestan yang mampu menaklukan lagu-lagu kelas diva internasional. Kontestan kelahiran 7 Oktober 2001 ini kerap menuai pujian dari juri karena penampilannya yang selalu memukau.  Maria memiliki jumlah penggemar yang sangat besar di seluruh Indonesia. Ia memiliki penggemar yang menamakan diri mereka ‘Mavers’.

Atas prestasinya ini, Maria sebagai Juara 1 Indonesian Idol 2018 akan mendapatkan hadiah uang tunai 200 juta rupiah yang dipersembahkan oleh Grab “Official Ride Of Indonesian Idol”, Opera Mini dan didukung oleh Vivo V9 “Official Smartphone of Indonesian Idol” dan Tiket.com, satu unit mobil yang dipersembahkan oleh Mitsubishi X-pander, mobil Idola Indonesia dan rekaman Idol Winner Song di Universal Music Studio. Penyerahan hadiah juara 1 ini diserahkan oleh Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, Liliana Tanoesoedibjo selaku Komisaris RCTI dan Marketing Director Grab, Mediko Azwar.

Sementara Abdul sebagai runner up berhak mendapatkan uang tunai sebesar 150 juta rupiah yang dipersembahkan oleh Grab “Official Ride Of Indonesian Idol”, Opera Mini dan didukung oleh Vivo V9 “Official Smartphone of Indonesian Idol” dan Tiket.com, satu unit mobil yang dipersembahkan oleh Mitsubishi X-pander, mobil Idola Indonesia. Penyerahan hadiah juara 2 ini diserahkan oleh Imam Choeru Cahya selaku Head of MMC (Mitsubishi Motors Corporation) Sales and Marketing Group, Edy Kusuma selaku Brand Manager Vivo Indonesia dan Jennifer Hoffman Bjaerke selaku Product Marketing Director Opera.

Penyerahan hadiah juga dilakukan oleh Ketua KPI, Yuliandre Darwis dan Maria Risa selaku VP Brand Marketing Tiket.com kepada Joan sebagai juara 3 Indonesian Idol 2018. (ro)