Kampoeng Kartini Aston Madiun

Madiun, KabarGRESS.com – Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau dikenal sebagai R.A Kartini, merupakan salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita Indonesia. Pemikiran R.A Kartini tentang emansipasi wanita membuatnya berusaha untuk memajukan perempuan pribumi yang saat itu kedudukan wanita pribumi masih tertinggal jauh atau memiliki status sosial yang cukup rendah.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh R.A Kartini adalah mengajar para wanita di desanya supaya memiliki pemikiran yang lebih maju. Mengenai biografi R.A Kartini beliau lahir pada tanggal 21April 1879 di kota Jepara, hari kelahirannya kemudian diperingati sebagai hari Kartini untuk menghornati jasa beliau pada bangsa Indonesia khususnya wanita.

Pada peringatan hari Kartini April 2018 kali ini, Aston Madiun Hotel & Conference Center mengadakan kegiatan yang cukup unik. Kampoeng Kartini menjadi tema kegiatan peringatan hari Kartini tahun ini. Mempersembahkan kereta kencana yang berisi ketupat, makanan khas Jepara serta dekorasi barang antik untuk mengambarkan Kampoeng Kartini tempo dulu. Peringatan ini bertujuan untuk mengenang jasa dan perjuangan pahlawan R.A Kartini. Serta sebagai brand awareness hotel Aston Madiun sebagai hotel bintang 4 satu-satunya di kota Madiun.

Kegiatan ini digelar dengan arak-arak'an atau kirab Kereta Kencana yang berisi seribu ketupat, dan diarak oleh staff hotel yang berperan sebagai R.A Kartini dan suami beliau yang bernama Raden Adipati Joyodiningrat serta prajurit pendamping mereka. Kereta kencana yang digunakan sebagai simbol kendaraan yang digunakan R.A. Kartini saat itu. Kereta kencana dalam kegiatan Kampoeng Kartini ini berukuran panjang 200 cm, lebar 120 cm dan tinggi 175 cm.

Salah satu alasan memilih ketupat dipilih sebagai bagian dari kegiatan ini karena ketupat identik dengan Ramadhan atau Idul Fitri. Sehubungan dengan hal itu, ketupat ini dibuat sebagai kegiatan menyambut bulan Ramadhan yang hanya tinggal menghitung hari. Ketupat ini dapat dinikmati dengan beberapa jenis sayur yang sudah disediakan dan beberapa diantaranya merupakan makanan khas Jepara seperti Sayur Krubyuk dan Pindang Serani.

Selain dapat menikmati lontong dan sayur yang sudah disediakan dalam kegiatan Kampoeng Kartini ini, tamu undangan juga dapat ikut serta lomba yang diadakan. Diantaranya adalah lomba upload IG, lomba memakai jarit serta Lomba membuat ketupat. Tamu undangan sendiri terdiri dari corporate, dinas dan media yang juga sudah menjadi bagian dari Aston Madiun.

Kegiatan ini dilakukan di lantai G lobby Aston Madiun tepat pukul 15.00 WIB hingga selesai. Terletak di lobby Aston Madiun yang dirubah menjadi nuansa Kampoeng Kartini tempo dulu dengan dekorasi barang antik dari vendor Galery art Dajdoel. Selain itu terdapat penampilan permainan Angklung dari SD Santo Bernadus dan live music dari team Flamenco Aston Madiun untuk mengisi acara.

Jasa – jasa pahlawan Indonesia yang telah berjuang merupakan hal yang harus diapresiasikan, sehingga dari kegiatan ini Aston Madiun turut serta mengenang jasa – jasa para pahlawan. Dan harapannya pemuda bangsa Indonesia dapat berjuang meneruskan jasa dari pahlawan sebelumnya. (ro)

Leave a Reply


*