09/01/2023

Jadikan yang Terdepan

GERAKAN OABGAN MANDIRI MENUJU NUSANTARA BANGKIT

Surabaya, KabarGress.com – ASOSIASI Mahasiswa Pemuda Nusantara (Ampura) wilayah kota Surabaya menggelar sharing dan simulasi terkait pola tatanan sehat dan amanah (PTSA ). Acara berlangsung di halaman masjid Baitur Rozak SIER pada Senin (2/4/2018) , di ikuti sejumlah mahasiswa, karang taruna dan tokoh masyarakat .

Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan peran pemuda dalam kemandirian pangan, melalui pola tatana sehat dan amanah (PTSA) tersebut hadir narasumber Agus k dan Jefri tim BKT Bina Kerabat Tani Jatayu Pomosda. Sharing ringan banyak mengungkap perubahan, bahkan Mindset bahwa kemandirian pangan membutuhkan aksi nyata.

Tidak hanya itu, selain diskusi tentang bagaimana mengolah lahan-lahan perkotaan dengan PTSA juga dilakukan simulasi penyiapan media tanam mengolah tanaman, dan pemanfaatan lahan-lahan sempit.

M. Fadeli, sebagai pembina Ampura Surabaya menjelaskan, program ini merupakan bagian integral dari aksi kemandirian pangan Bapak Kiai Tanjung pengasuh pondok Jatayu Pomosda.

Menurutnya, Pemberdayaan masyarakat mandiri ini menuju nusantara bangkit. “Bahwa pola hidup sehat tidak harus mahal dengan tanaman sela di pekarangan sempitpun bisa jadi Melalui urban farming,” aku Fadli..

Selain itu, lanjut Fadeli yang juga dosen Ubhara memaparkan, dengan adanya kegiatan ini, pemuda juga sedang mengimplementasikan program kemandirian pangan dengan menanam sayur sehat di polybag dan vertykultur serta rak kolam lele di halaman masjid.

“Harapannya, acara ini akan berkelanjutan untuk para pemuda mampu untuk memanfaatkan lahan-lahan sempit di sekitar rumah dan lingkungan dengan menanam sayur sehat sebagai bsntuk pola hidup sehat,” pungkasnya. (fad/*)