09/01/2023

Jadikan yang Terdepan

SUKSES MAJUKAN PKK JATIM 38 DAERAH BERIKAN PENGHARGAAN PADA BUDE KARWO

Surabaya , KabarGress.com – Dibawah kepemimpinan Dra. Hj. Nina Soekarwo, M.Si selama 10 tahun, Tim Penggerak (TP) PKK Jawa Timur dan TP PKK kab/kota di Jatim meraih berbagai penghargaan di kancah nasional.

Raihan prestasi tsb, memberikan kesan bagi para pengurus TP PKK 38 kab/kota di Jatim sehingga memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada Bude Karwo-sapaan Ny. Hj. Nina Soekarwo, M.S

Penyerahan Plpiagam penghargaan oleh Ketua TP PKK Pacitan Hj. Luki Indartato, mewakili TP PKK kab/kota se Jatim dilakukan pada saat Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten Kota se Jawa Timur Tahun 2018 di Hotel Utami, Kab. Sidoarjo, Rabu(21/3/2018).

Tema rakor yakni Integrasi Perencanaan Program PKK dalam Mendukung Keutuhan dan Kerukunan Keluarga sebagai Kunci Perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menanggapi pemberian piagam penghargaan tersebut, Bude Karwo-sapaan akrab Hj. Nina Soekarwo, M.Si menuturkan prestasi yang diraih TP PKK Prov Jatim dan kabupaten/kota karena kerja keras semua anggota. Terutama para kader yang ada di pelosok sampai dasawisma. “Selain itu, TP PKK prov. Jatim juga bisa bekerjasama dengan Pemprov Jatim melalui sinergi program. Secara tidak langsung TP PKK Prov. Jatim menjadi mitra pemerintah,” ungkapnya.

Ketua TP.PKK Prov Jatim ini menjelaskan peran dari Ketua TP. PKK di setiap kab/kota juga tidak kalah penting karena terjun langsung, berbuat untuk kepentingan masyarakat dan dirasakan oleh masyarakat. Hal demikianlah yang menjadi kunci majunya TP PKK Jatim dan kab/kota .”Kedepan semua program yang direncanakan oleh PKK. Prov. Jatim harus lebih bersinergi dengan program prioritas nasional dengan tujuan mempercepat pembangunan,” imbuhnya.

Sementara itu, alasan pemberian piagam penghargaan tsb, jelas Ketua TP PKK Kabupaten Pacitan Hj. Luki Indartato, diantaranya karena dedikasi dan pengabdian Bude Karwo dalam mendukung program Pemprov Jatim termasuk mengurangi angka kematian ibu dan anak, kemiskinan, meningkatkan taraf hidup keluarga, kualitas SDM serta kesejahteraan masyarakat. Upaya yang dilakukan dengan melakukan sinergi program TP. PKK Prov Jatim dengam TP. PKK Kab/Ko se Jatim.

“Bude pempompin sejati, pemimpin berprestasi, dan peminpin yang patut kita tauladani,” ujarnya memimpin yel-yel. Ditambahkan penghargaan juga diberikan karena raker ini merupakan raker terakhir yang dipimpin Bude Karwo.

Terkait dengan penerbitan Perpres no.99 Tahun 2017 tanggal 2 November 2017 tentang gerakan PKK, menurut Bude Karwo, memberikan keleluasaan bagi TP. PKK, termasuk Jatim. Penerbitan perpres tsb, lanjutnya, lebih memberikan kepastian dan kekuatan hukum. “Ini wujud kepedulian Presiden RI , Bp. Joko Widodo yang secara pasti mengetahui kerja nyata dilakukan PKK. Terimakasih Bp. Presiden telah menerbitkan perpres ini,’ ujarnya.

Kedepan, lanjut Bude Karwo, perpres tersebut akan ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya Permendagri, sehingga kerja PKK akan semakin konkrit karena adanya perencanaan yang harus disusun oleh PKK dan tertuang di dalam RPJM. ” Oleh sebab itu, harus dilakukan penyempurnaan dan peningkatan terhadap fungsi manajemen program dan kelembagaan PKK. Hal tersebut memerlukan perhatian dan kesiapan bersama” ujarnya.

JAGA NETRALITAS

Dalam kesempatan sama, Bude Karwo mengingatkan Jatim yang akan menyelenggarakan pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta pemilihan bupati dan wakil bupati di beberapa kabupaten /kota. Oleh sebab itu, PKK diminta untuk menjaga netralitasnya, tidak berpihak kepada salah satu kandidat calon atau partai tertentu.

“Masyarakat bisa menentukan sendiri hak pilih dan politiknya tanpa perlu dicampuri oleh keberadaan gerakan PKK,” ujarnya. Diharapkan, PKK tetap fokus pada peranan dan fungsinya sebagai penggerak partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat, serta menuju masyarakat yang lebih sejahtera.

Sementara itu, Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo dalam sambutannya mengatakan TP PKK Pov. Jatim merupakan wadah tempat berkumpulnya orang hebat. Hal tersebut dikarenakan orang yang terlibat didalamnya tidak pernah memikirkan materi. “yang dipikirkan hanya bagaimana cara membantu orang lain. Hal tersebut yang membuat saya salut, dan ini menjadi hal yang langka dalam kehidupan di masa sekarang,” tutur Pakde Karwo sapaan akrabnya.

Gubernur Jatim menjelaskan, Pemprov Jatim sangat terbantu dengan keberadaan TP PKK Prov. Jatim. Banyak kegiatan dan program yang disinergikan antara kedua belah pihak. Sebagai contoh terdapat 400 relawan yang siap mendampingi ibu hamil resiko tinggi (risti). ” para relawan dengan senang hati, mendampingi para ibu risti tanpa berfikir materi,” ujarnya.

Turut hadir pada rakor tersebut yaitu Kaesang ,putra dari Presiden RI, Joko Widodo. Pada kesempatan tersebut, Kaesang membagikan resep bagaimana memulai bisnis ecommerce untuk menunjang perekonomian. Secara tidak langsung, juga mengajari anggota TP PKK. Prov Jatim untuk lebih melakukan hal bermanfaat dan membuat anak muda lebih kreatif.(hery)