AKA Sinergi Group Bangun PLTMH Berkapasitas 1.170 kW di Tamanasri Malang

Surabaya, KabarGRESS.com – AKA Sinergi Group membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) berkapasitas 1.170 kW di Tamanasri Malang. Power Purchase Agreement Signing Ceremony telah berlangsung antara AKA Sinergi Group diwakili Abdul Kadir Alatas selaku President Director & Chairman of Board, serta PT PLN (Persero) oleh General Manager (GM) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Distribusi Jatim, Dwi Kusnanto, di Surabaya, Jumat (23/2/2018).

Menurut President & Chairman Of Board AKA Sinergi Group, Abdul Kadir Alatas, PLTMH yang dioperasikan kali ini, memanfaatkan arus sungai Kali Rejo di Desa Taman Asri, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang. “Total kapasitas pembangkit ini mencapai 1.170 kW yang terdiri dari 2 x 315 kW dan 540 kW,” jelasnya.

Sesuai kesepakatan, hasil produksi listrik itu akan dijual ke PLN dengan harga Rp870 per KWH. Dalam satu tahun, PLTMH Tamanasri ini ditargetkan mampu memproduksi listrik hingga 6,7 GWh atau senilai Rp5,8 miliar.

Pembangunan pembangkit senilai Rp30 miliar itu, menurut Kadir, hanyalah sebagian dari rencana perusahaan tersebut untuk membantu meningkatkan rasio elektrifikasi listrik di Jawa Timur.

“Bukan hanya PLTMH di Malang ini. Kami saat ini bahkan sedang berancang-ancang menggarap pembangkit listrik di Pulau Raas Kabupaten Sumenep Madura,” ujarnya.

Di pulau yang penduduknya baru menikmati listrik selama 12 jam perhari tersebut, pihaknya akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH). Pembangkit senilai Rp30-40 juta USD ini merupakan salah satu alternatif sistem pembangkit yang diaplikasikan di daerah- daerah yang sukar dijangkau oleh sistem pembangkit besar seperti jaringan PLN.

Untuk memastikan kehandalaan pembangkit ini, pihaknya berencana mendatangkan tenaga ahli dari Jerman, Perancis, Belgia dan Australia sekaligus. “Kelak setelah pembangkit ini beroperasi, masyarakat Pulau Raas akan menikmati listrik selama 24 jam perhari, sama seperti wilayah Indonesia yang lain,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PLN Distribusi Jatim, Dwi Kusnanto, mengatakan pemerintah melalui PLN belakangan semakin gencar mencari energi terbarukan untuk penyediaan tenaga listrik. “Pasokan listrik dari PLTHM Taman Asri ini bakal lebih memastikan ketersediaan listrik untuk kenyamanan pelanggan,” ujarnya.

Bukan hanya pembangkit yang mengandalkan arus sungai yang didorong PLN. Perusahaan plat merah ini bahkan terus mendorong Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Benowo Surabaya, yang diklaim sebagai satu-satunya pembangkit penghasil listrik yang bersumber dari sampah. (hery/ro)

Teks foto:

– General Manager PLN Distribusi Jatim, Dwi Kusnanto (no 6 dari kiri), President Director & Chairman of Board AKA Sinergi Group, Abdul Kadir Alatas (no 7 dari kiri), berfoto bersama usai penandatanganan kesepakatan.

– President Director & Chairman of Board AKA Sinergi Group, Abdul Kadir Alatas dan Muhammad Zubair selaku
Penanggungjawab AKA Sinergi Group di Jatim.

Leave a Reply


*