09/01/2023

Jadikan yang Terdepan

PLN Dapat Tambahan Pasokan Listrik dari PLTM Lodagung Milik Jasa Tirta I Sebesar 2 x 650 kW

Blitar, KabarGRESS.com – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) memperoleh tambahan pasokan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) Lodagung milik Perum Jasa Tirta I yang berkapasitas 2 x 650 kW. Pembangkit yang berlokasi di Desa Jegu Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar tersebut mulai diresmikan operasionalnya pada hari ini, Selasa (20/2/208), setelah proses pembangunannya memakan waktu selama sekitar 3 tahun. Hal ini meupakan salah satu bentuk sinergi BUMN untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Manajer Perencanaan PLN Distribusi Jawa Timur, Risbudi selaku wakil PLN dalam acara tersebut menyambut positif pengoperasian PLTM Lodagung tersebut. “PLN Distribusi Jawa Timur memberi perhatian dan mendukung penuh  terhadap pengembangan energi baru terbarukan sesuai dengan target nasional dan pembangkit yang ramah lingkungan,” jelasnya, dan disamping itu pembangkit tersebut juga menjaga sistem kelistrikan di daerah Blitar dan sekitarnya semakin handal.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Jasa Tirta I Raymond Valiant R menuturkan PLTM Lodagung ini merupakan pembangkit pertama yang dimiliki perseroan. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk diversifikasi portofolio bisnis.

Selama ini Jasa Tirta I masih lebih banyak bergerak di bidang pengelolaan sumberdaya air, utamanya untuk irigasi pertanian. “Hal ini merupakan upaya awal bagi kami untuk mengembangkan anak usaha yang bergerak di bidang energi dengan memanfaatkan aset-aset yang ada,” jelasnya.

Tahap pertama, listrik yang dihasilkan oleh PLTM Lodagung ini dibeli oleh PLN sebesar Rp967,5 per kWh, yang terhitung sejak  tanggal operasi komersial (Commercial Operation Date) hingga bulan ke 96.

Tahap kedua, harga beli listrik ditetapkan sebesar Rp 675 per kWh saat memasuki bulan ke-97 dan seterusnya.

Pertama di Indonesia

PLTM Lodagung ini menggunakan teknologi siphon, dengan memanfaatkan saluran air irigasi Blitar-Tulungagung yang dikelola Jasa Tirta I. Teknologi ini adalah yang pertama kalinya diterapkan di pembangkit listrik yang ada di Indonesia. Dengan teknologi ini, pembangunan PLTM Lodagung tidak perlu mengubah bendungan yang ada.

Untuk membangun pembangkit tersebut, Jasa Tirta I menggandeng PT Barata Indonesia (Persero) sebagai kontraktor.  Dana yang diinvestasikan oleh Jasa Tirta I untuk pembangunan pembangkit ini mencapai Rp39,8 miliar, yang seluruhnya berasal dari kas internal. (ro)