PLN, PJB dan ITS Sinergikan Dunia Bisnis dan Akademis

Surabaya, 22 Januari 2018, KabarGRESS.com – PT PLN (Persero) Bisnis Regional Sumatra, PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) dan Institut Teknologi Sebelas Nopember (ITS) menandatangani dokumen Kesepakatan Pokok (Head of Agreement /HoA) kerja sama penelitian dan penerapan teknologi ketenagalistrikan di Gedung Rektorat ITS Surabaya. Kerja sama untuk meningkatkan sinergi antara institusi bisnis dengan institusi akademisi itu merupakan tindak lanjut dari MoU terkait pendidikan, penelitian dan penerapan teknologi ketenagalistrikan yang ditandatangani Direktur Human Capital Management PT PLN (Persero), Muhamad Ali, dengan Rektor ITS, Prof. Joni Hermana, pada 29 November 2017 yang lalu.

HoA merupakan perjanjian yang lebih mengikat dari MoU yang berisi gambaran umum lingkup pekerjaan kerjasama unit-unit PLN dengan ITS. Ada tujuh HoA yang ditandatangi ITS, enam dengan unit-unit PLN Bisnis Regional Sumatra dan satu dengan PT PJB.

Penandatangan HoA disaksikan oleh Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN (Persero) Wiluyo Kusdwiharto dan dilaksanakan antara General Manager unit-unit PLN Regional Sumatera, yang diwakili oleh Unit Pembangkitan Sumatera Bagian Utara, Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan ,Wilayah Sumut, Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Wilayah Bangka Belitung dan Distribusi Lampung, dengan ITS, yang diwakili oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pengelola Usaha (BPPU) ITS.

Sementara itu HoA antara PT PJB dengan BPPU ITS dilakukan oleh Kepala Satuan Teknologi dan Enjiniring PT PJB Teguh Widjajanto dan Kepla BPPU ITS Dr Ir Ketut Gunarta MT. Penandatanganan HoA yang disaksikan Direktur Utama PT PJB itu berisi 11 rencana kerjasama di bidang pembangkitan tenaga listrik. Ruang lingkup yang akan dikerjasamakan meliputi konsultasi, kajian serta joint riset. Diantaranya konsultasi dan implementasi Failure Model dan Cause Matrix System, kajian heat balance dan permasalahan FTP1, kajian dan implementasi hydrokinetik dan joint riset pemanfaatan fly ash dan bottom ash (FABA).

ITS dan PT PJB akan melakukan kerja sama penelitian dan pengembangan serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi secara optimal pada pengelolaan sektor ketenagalistrikan. “Kerja sama ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing perusahaan dan menunjang proses pembangunan nasional yang berkelanjutan,” kata Diretur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara. “Selain kerja sama ini, kami telah melakukan beberapa kerja sama dengan ITS. Diantaranya kerja sama pengembangan EBT yang diharapkan bisa terwujud tahun ini.”

Sinergi yang terjalin antara pemerintah, institusi bisnis dan akademisi merupakan salah satu ciri negara maju. Pendatanganan HoA antara PLN, PJB dan ITS menurut Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN (Persero) Wiluyo Kusdwiharto merupakan langkah menuju sinergi tersebut. Setidaknya ada tiga kerjasama yang akan difokuskan tahun ini terkait hiden capacity, kajian FABA sebagai limbah non B3, dan pengembangan motor listrik untuk keperluan nelayan dan pariwisata.

Kerjasama bidang ketenagalistikan yang dilakukan, selain di bidang pembangkitan juga meliputi bidang transmisi, distribusi, dan teknologi bidang ketenagalistrikan. Berikut beberapa topik kerja sama yang ditandatangani :
No Topik Kerjasama Unit
1 Pemodelan aliran dan Pembakaran CFB dan PC Boiler PLTU KIT SBS dan KIT SBU
2 – Studi water intake dan outlet, water dan steam boiler PLTU
– Monitoring dan evaluasi program-program proper emas PLTGU Indralaya KIT SBS
3 Studi kharakterisasi, pendampingan dan pemanfaatan FABA PLTU KIT SBS,KIT SBU
WRKR dan Wilayah Babel
4 Studi Efektifitas Organisasi Operasi dan Pemeliharaan Pembangkit (Kompetensi SDM, Supply Chain Management dan Asset Management) KIT SBU
5 – Pemodelan Laju Air Sedimentasi di Unloading Jetty PLTU Nagan Raya
– Audit Energi untuk Peningkatan Efisiensi di PLTU
– Assesment Efektivitas Cathodic Protection di PLTU KIT SBU
6 Studi Smart Grid (Micro Grid) dengan Renewable Source (PV / wind) di daerah Kepulauan WRKR dan Distribusi Lampung
7 Studi pemanfaatan dan pembuatan prototype motor listrik untuk perahu nelayan dan pariwisata Wilayah Babel dan Distribusi Lampung
8 Studi Pembangunan Sistem Kelistrikan dengan Pemberdayaan Masyarakat melalui Potensi Pembangkit Biomass di Pulau Nias Wilayah Sumut
9 Studi Pembangunan Transmisi Tegangan Tinggi dari Pulau Bangka ke Pulau Belitung Wilayah Babel
10 Studi di bidang operasi dan pemeliharaan pembangkit, serta pemanfaatan FABA PLTU PT. PJB

(ro)

Leave a Reply


*