Bulog: Berapapun Kebutuhan Beras di Pasar Akan Kami Penuhi

Surabaya, KabarGRESS.com – Bulog Divre Jatim menjamin berapapun kebutuhan beras di pasar akan dipenuhi. Penegasan ini disampaikan langsung Kepala Bulog Divre Jawa Timur, Muhammad Hasyim,di sela-sela acara Pelepasan Operasi Pasar Beras Medium Perum Bulog, Selasa (9/1/2018).

Dijelaskan, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Divisi Regional Jawa Timur melakukan operasi pasar beras medium secara serentak ke seluruh pasar di wilayah Jawa Timur. “Operasi pasar untuk menekan harga pasar beras kelas medium yang saat ini banyak melebihi harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah,” jelasnya.

Operasi pasar beras medium untuk tahap awal digelontorkan ke 13 pasar yang berada di wilayah Bulog Sub Divre 5 Surabaya Utara yaitu sebagian Kota Surabaya, Gresik dan wilayah Sidoarjo. Selanjutnya operasi pasar beras akan dilakukan di seluruh pasar di wilayah Jawa Timur.

Harga beras medium operasi pasar ini sesuai harga eceran tertinggi yaitu Rp9.350 per kilogramnya. Beras medium yang digelontorkan Perum Bulog ini untuk menekan harga beras medium yang mengalami kenaikan di sejumlah pasar di wilayah Jawa Timur.

Sebab harga beras medium ini naik rata-rata antara 5%-10% dari harga eceran tertinggi yang ditetapkan. Seperti di Kabupaten Sidoarjo harga beras medium rata-rata mencapai lebih dari Rp11 ribu per kilogram.

Kenaikan harga beras medium tertinggi terjadi di Kabupaten Sumenep yaitu mencapai Rp13 ribu per kilogram. Harga beras medium di Sumenep tersebut bahkan melebihi harga eceran tertinggi beras premium yaitu Rp12.800 per kilogram. (ro)

Teks foto: Kepala Bulog Divre Jawa Timur, Muhammad Hasyim.

Leave a Reply


*