09/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Pakde Karwo Resmikan Kendaraan Angkutan Sewa Berbasis Aplikasi Online

Surabaya, KabarGress.com – Gubernur Jawa Timur, Soekarwo secara resmi melaunching angkutan Sewa Khusus berbasis aplikasi atau online di  gedung Grahadi Surabaya, Kamis (04/01/2018).

Menurutnya pada prinsipnya pandangan hidup antara pengemudi angkutan online dengan konvensional itu ingin berdampingan dalam mengais rezeki. Pandangan itu, kata Soekarwo patut di aspirasi oleh pemerintah provinsi Jawa Timur.

“Yang besar perlu di fasilitasi dan yang kecil perlu dibantu,”kata Soekarwo yang akrab disapa Pakde Karwo ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur Wahid Wahyudi mengatakan bahwa Jawa Timur sendiri mendapat kouta 4455 kendaraan. Dari kouta tersebut yang mengajukan izin ada 31 perusahaan dengan jumlah kendaraan 2418.

“Dari 2418 kendaraan yang siap operasi sebanyak 198 kendaraan saja. Karena mereka sudah mengantongi izin prinsip,”kata Wahid Wahyudi Kadishub Jatim.

Untuk daerah operasional angkutan sewa atau online itu sendiri terbagi dalam 8 wilayah. Yakni Gerbangkertasusila plus Malang Raya, Madiun Raya, Jember Raya, Kediri Raya, Kota Blitar dan lain – lain. Dan mereka boleh mengantarkan penumpang lintas daerah, tetapi baliknya tidak boleh mengangkut penumpang.

“Daerah operasionalnya dibatasi. Tetapi boleh masuk daerah lain saat ngatarkan penumpang. Namun baliknya tidak boleh ambil penumpang,”terangnya.

Terpisah Senior Vice President Publicly Policy and Government Relationship GO- JEK  Malikulkusno Utomo mengatakan, GO-CAR meyakini bahwa program ini sejalan dengan misi perusahaan untuk bisa membantu meningkatkan kesejahteraan pengemudi dan memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat.

 “Kami berharap program ini bisa membawa dampak positif bagi angkot-angkot dan para pengguna jasanya. Kami selalu menyambut baik berbagai inisiatif yang bertujuan untuk peningkatan layanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (tur)