09/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Kepuasan Masyarakat Pelanggan terhadap Pelayanan PLN Dist Jatim Semakin Meningkat

Surabaya, KabarGRESS.com – Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), dalam hal ini kepada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur semakin membaik. Bahkan, kategori pelayanan memuaskan yang diusung PLN Distribusi Jawa Timur, tergambar secara utuh dalam dokumen survei tingkat kepuasan masyarakat sepanjang 2017.

“Malah, dibanding tahun lalu, di tahun 2017 ini, kepuasan masyarakat semakin meningkat terhadap pelayanan PLN, khususnya PLN Distribusi Jawa Timur,” ungkap Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT. PLN Distribusi Jatim, Pinto Raharjo, dikonfirmasi refleksi PLN Distribusi Jatim tahun 2017 terkait kepuasan masyarakat, Jumat (29/12/2017).

Menurut Pinto, dalam dokumen tebal bertajuk ‘Laporan Pekerjaan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Tahun 2017’, tertulis tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan PLN Distribusi Jawa Timur meningkat dibanding tahun 2016 lalu. Merujuk data dalam buku survei tersebut, tingkat kepuasan masyarakat sepanjang 2017 berada di angka 77,8%.

“Tahun lalu, hanya 76,9 persen. Jadi, pada intinya, secara teknis kepuasan masyarakat untuk tahun ini membaik daripada tahun 2016,” tuturnya.

Secara umum, survei yang diambil dari responden seluruh Jawa Timur tersebut, menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan dalam layanan pascabayar juga mengalami peningkatan. Catatan responden yang diambil rentang 2015-2016 itu, secara umum menyimpulkan adanya kenaikan signifikan pada tingkat kepuasan pelanggan.

“Jadi, sesuai parameter laporan survei kepuasan masyarakat itu, pelayanan PLN Jatim relatif naik, dan membaik,” tandas Pinto.

Bukan hanya itu saja. Dalam laporan yang sudah terbuku itu juga tertulis kesimpulan, kelompok pelanggan industri memiliki tingkat kepuasan paling tinggi dibanding kelompok pelanggan lain. Hanya saja, dalam survei tersebut, kelompok pelanggan pemerintah tercatat memiliki tingkat kepuasan paling rendah daripada kelompok pelanggan lain.

“Tapi, mengacu dari survei tahun 2017 ini, ke depan kami terus melakukan yang terbaik untuk melayani masyarakat dalam hal energi kelistrikan yang bermanfaat dan menerangi,” harapnya.

Sementara itu, data survei kepuasan masyarakat yang tertuang dalam laporan pekerjaan tahun 2017, menyimpulkan secara umum pelanggan tidak pernah berpaling dari pelayanan PLN Distribusi Jatim selaku penyedia listrik di Jawa Timur. Tingkat loyalitas pelanggan yang memilih PLN Distribusi Jatim sebagai penyedia jasa kelistrikan itu tercatat mencapai bilangan 43,8%. Sedangkan, yang memilih penyedia listrik lain, hanya berada di kisaran angka 4,3%, dan yang memilih tidak tahu, antara berganti penyedia listrik lain atau tetap memilih PLN Distribusi Jatim sebagai penyedia jasa kelistrikan memiliki angka survei 51,9%.

“Yang pasti, kami dari PLN Distribusi Jawa Timur sudah menjawab keraguan tentang pelayanan masyarakat terhadap PLN. Ini terbukti, dari survei kepuasan masyarakat tahun 2017, bahwa pelayanan PLN Disribusi Jawa Timur semakin membaik dan memberi rasa puas pada masyarakat,” pungkasnya. (ro)

Teks foto: Pinto Raharjo.