09/01/2023

Jadikan yang Terdepan

“Unlock Your Potential” dalam Leadership Camp GenBI Jawa Timur 2017

Surabaya, KabarGRESS.com – Dalam rangka menjalin kekompakan, kebersamaan dan solidaritas sekaligus meningkatkan kapasitas dan kualitas GenBI selaku mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia, pada 22-24 Desember 2017, Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur bersama pengurus GenBI Jawa Timur menggelar Leadership Camp dan Gathering GenBI Jawa Timur tahun 2017 di Jambuluwuk Resort, Kota  Batu. Acara  yang mengangkat tema “unlock your potential” ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan untuk kedua kalinya dan dihadiri oleh 150 orang GenBI dari 11 perguruan tinggi negeri se Jawa Timur.

Leadership Camp dan Gathering GenBI Jawa Timur tahun 2017 dibuka secara resmi oleh Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Herawanto. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa GenBI Jawa Timur tidak hanya sekedar penerima beasiswa, namun diharapkan GenBI Jawa Timur mampu menjadi agen komunikasi berbagai kebijakan dan program Bank Indonesia sekaligus memberikan manfaat dan pengabdian yang positif untuk mendorong pembangunan yang berkualitas di masyarakat.

Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur secara aktif menggelar kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk memfasilitasi upaya peningkatan kualitas dan kapabilitas GenBI Jawa Timur (GenBI Jatim) salah satunya melalui peningkatan softskill dan hardskill di Leadership Camp GenBI Jawa Timur 2017.

Dalam kesemptan tersebut, Ketua GenBI Jawa Timur, Nurlaili R.A Faiza menyerahkan penghargaan GenBI of The Year yang diperoleh di tingkat nasional kepada Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur. Selain itu, Tim GenBI Jawa Timur turut memperkenalkan pembuatan aplikasi smartphone untuk mengenalkan ciri-ciri keaslian uang rupiah berbasis Augmented Reality yang dikembangkan oleh GenBI Jawa Timur kepada Bank Indonesia sebagai wujud kontribusi GenBI Jawa Timur.

Acara yang digelar selama tiga hari tersebut menghadirkan sejumlah narasumber seperti Martalinda Basuki yang merupakan owner dari Cokelat Klasik Malang untuk mengisi sesi entrepreneurship. Martalinda mengungkapkan pengalamannya membangun bisnis cokelat klasik mulai dari nol hingga mampu memiliki 365 gerai dan 3 cafe yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tidak hanya itu, Dee Lestari, penulis karya-karya bestseller Indonesia pun hadir menjadi Narasumber pada ajang Leadership Camp dan Gathering GenBI Jawa Timur 2017. Dee mengajarkan langsung tips and trick menulis kreatif kepada para GenBI. Dee bahkan mengajak para peserta LC untuk menulis dalam kurun waktu 5 menit, yang menghasilkan karya-karya spontan GenBI dan dibacakan langsung oleh Dee Lestari. Di akhir sesi, Dee secara khusus memberikan Challenge bagi GenBI Jatim untuk menulis dan menghasilkan karya berupa kumpulan tulisan GenBI Jawa Timur yang disambut antusiasi oleh GenBI.

Selain itu, para GenBI Jatim pun berkesempatan berdiskusi dengan CEO Black Canyon Coffee, Mufid Wahyudi, yang mengisi sesi leadership talk. Mufid pun sharing dengan para GenBI Jatim tentang proses membangun bisnis dan mengelola manajemen sebagai bagian dari proses menjadi seorang leader. Pasca sesi leadership talk, GenBI Jatim pun berbagi tips memasuki dunia kerja dengan Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Jawa Timur, Dery Rossianto.

Pada hari terakhir, GenBI Jawa Timur pun mengikuti experiental outbond yang  bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama melalui berbagai games team building. Dalam experiental outbond, mereka pun dibagi menjadi sejumlah kelompok yang diberikan berbagai misi yang diselesaikan secara tim.

Tidak lupa, Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur pun memberikan sejumlah reward bagi kelompok terbaik, peserta teraktif, penampilan terbaik dan yel-yel terbaik. Selain itu, secara khusus , Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur memberikan penghargaan GenBI Jawa Timur of The Year 2017 kepada Bagus Setya Wardana atas kontribusinya dalam membangun komunitas GenBI di Jawa Timur.

Pada sesi penutupan, Kepala Grup Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Herawanto menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh peserta dan berpesan agar GenBI Jawa Timur dapat terus memberikan energi positif untuk negeri. (ro)