25/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Jalan Sehat Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2017

Surabaya, KabarGRESS.com – Kebahagiaan terpancar dari wajah para peserta jalan sehat disabilitas, pada peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2017 dengan start dan finish di halaman gedung BK3S, Surabaya, Minggu (3/12/2017).

Kepala Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Provinsi Jawa Timur – Doktor Tjuk Kasturi Sukiadi menjelaskan, tema besar pada peringatan HDI adalah “Kami Juga Bisa”, dimana menunjukkan difabel makin mandiri.

“Bagaimana kami selama ini, dan akan kita lanjutkan, memberikan kesempatan belajar, kita latih, kita didik, sehingga mereka menjadi orang yang berpengetahuan dan terampil,” kata Dr. Tjuk, Minggu (3/12/2017).

Yang lebih penting, tambah Dr. Tjuk adalah, mereka tidak hanya mandiri untuk melakukan pekerjaan sendiri, tetapi bagi pengusaha, juga memberi kesempatan kepada para difabel untuk bekerja dan berkarya di perusahaan.

“Kita seluas mungkin, masyarakat ini khususnya pengusaha, harus membuktikan kebisaan mereka, kemampuan mereka, jadi ini yang penting,” tambah Dr. Tjuk.

Diakuinya, di Jawa Timur, Indonesia pada umumnya masih belum menunjukkan adanya kesempatan yang sama bagi kaum difabel dalam mendapatkan pekerjaan. Hal itu berbanding terbalik dengan Jepang, karena disana sudah memberikan kesempatan dalam pekerjaan formal.

“Jangan sampai diskriminasinya pada saat bekerja, pada saat kesempatan untuk bekerja, kesempatan untuk menunjukkan kemampuan,” tutupnya.

Sementara itu, selain jalan sehat difabel, pada peringatan HDI tahun 2017 juga diramaikan dengan atraksi safety riding bagi pengendara motor roda tiga, yang digawangi oleh Difabel Motor Indonesia (DMI) Surabaya. (ro)