Banjir dan Longsor, 464 Trafo di Wilayah Pacitan Rusak

– 70 Ribu Rumah Pelanggan di Pacitan Alami Padam Listrik

Surabaya, KabarGRESS.com – Sebanyak 70 ribu rumah pelanggan listrik mengalami pemadaman listrik aejak kemarin menyusul 464 trafo listrik dari 865 trafo distribusi di wilayah Pacitan, Jawa Timur rusak akibat banjir yang menerjang kawasan tersebut.

Manajer Komunikasi Hukum dan Adminitrasi PLN Distribusi Jatim, Wisnu Yulianto, mengatakan bahwa banjir di Pacitan memang berdampak cukup luas. Selain rusaknya 464 trafo, banjir juga mengakibatkan gangguan pada penyulang atau jaringan listrik. Ada delapan dari 10 penyulang atau jaringan listrik yang menyuplai dari Gardu Induk ke Jaringan Tegangan Menengah di wilayah tersebut.

“Terdapat empat jaringan tegangan menengah yang tumbang karena banjir yang disertai longsor. Akibatnya, sekitar 70 ribu pelanggan PLN terpaksa mengalami pemadaman akibat gangguan pada penyulang dan trafo tersebut,” kata Wisnu.

Wisnu mengaku, upaya yang dilakukan PLN Jatim saat ini adalah perbaikan segera, setelah kondisi di lapangan memungkinkan mengingat sampai malam ini banjir masih cukup tinggi.

“Saat ini seluruh petugas di PLN Rayon Pacitan sedang berusaha mengatasi gangguan dengan bantuan dari Area Ponorogo. Kendala di lapangan, akses jalan ke Pacitan malam ini terputus akibat longsor,” pungkasnya. (ro)

Leave a Reply


*