Lewat Program Gerakan Pelestarian Alam, PLN Dist Jatim Serahkan dan Tanam Ribuan Bibit Tanaman

Surabaya, KabarGRESS.com – Lewat program Gerakan Pelestarian Alam, PT PLN (Persero) Dist Jatim menyerahkan dan melakukan penanaman ribuan bibit tanaman. Secara simbolis, General Manager (GM) PLN Distribusi Jawa Timur (Jatim), Dwi Kusnanto menyerahkan kepada Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, sekaligus melakukan penanaman bibit tanaman bersama-sama, bertempat di Kebun Bibit, Wonorejo, Surabaya, Senin (27/11/2017).

General Manager (GM) PLN Distribusi Jawa Timur (Jatim), Dwi Kusnanto, mengungkapkan dari lingkungan PLN yang berpartisipasi adalah unit-unit Induk PLN yang berkedudukan di Surabaya, Area pelayanan kota Surabaya dan IKPLN. Sedangkan dari pemkot, meliputi bidang dan dinas-dinas terkait, tidak terkecuali Satpol PP.

“Gerakan pelestarian alam merupakan bagian dari program tanggungjawab sosial perusahaan PT. PLN. Gerakan ini merupakan aksi nyata dalam upaya penyeimbangan lingkungan akibat operasional perusahaan dalam pemeliharaan jaringan. Untuk mempertahankan kehandalan jaringan listrik, PLN perlu merabas dahan-dahan pohon yang mendekati jaringan agar tidak menimbulkan sentuhan yang akan mengakibatkan gangguan pasokan ke masyarakat,” jelas Dwi.

Lebih jauh dikatakan, gerakan pelestarian alam melalui tanam pohon ini secara intense sudah PLN lakukan. “Pada tahun 2016 sejumlah 7.100 pohon dari jenis pohon perdu telah kami salurkan untuk mendukung gerakan ini khusus untuk wilayah Kota Surabaya dengan total nilai bantuan Rp50 juta.
Tahun 2017 ini gerakan merambah ke seluruh Jawa Timur yang dilakukan di masing-masing area pelayanan,” ulasnya.

Tersalurkan sejumlah 13 Area dengan masing-masing menyalurkan 150 pohon jenis cemara udang dan pagoda. Untuk wilayah Surabaya sejumlah 5.250 buah pohon dari jenis pohon pelindung (pagoda, trembesi, pule, tabe puya, dan lain-lain) dan dari jenis pohon perdu lainnya dengan nilai Rp62.500.000. “Sehingga untuk tahun 2017 ini total 7.200 pohon untuk seluruh Jawa Timur dengan nilai Rp387.500.000,” pungkasnya. (ro)

Teks foto: General Manager (GM) PLN Distribusi Jawa Timur (Jatim), Dwi Kusnanto bersama Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, menanam bibit tanaman.

Leave a Reply


*