Indonesia Bagian Timur Expo 2017 ke-2 Segera Digelar

Surabaya, KabarGRESS.com – Indonesia Bagian Timur Expo (IBT Expo) 2017, untuk kedua kalinya bakal digelar di Surabaya, 29 Nopember – 3 Desember 2017. Pameran Produk Unggulan yang menampilkan potensi Perdagangan dan Investasi antara Jawa Timur dengan Kawasan Timur Indonesia seperti Budaya, Pariwisata, Kerajinan dan Kuliner kali ini bertemakan “When East Java Meets Eastern Indonesia Part II” dengan Konsep Trade Tourism Investment.

Peluang berbisnis dan berbagai produk unggulan dengan kualitas terbaik, seperti Tenun, Aksesoris, Produk Olahan Hasil Laut, Agro, Makanan dan Minuman, Furniture, Craft, Beauty & Kosmetik, UKM, dan masih banyak lagi, bakal bisa ditemui dalam event tersebut.

Director of Sales And Marketing Garden Palace Hotel, Rahmi D Pris, mengungkapkan target transaksi pameran diharapkan mencapai tak kurang dari Rp150 miliar. “Event ini didukung Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, IBT Center – Hotel Garden Palace Surabaya,” tegasnya di sela-sela konferensi pers, Kamis (23/11/2017).

Adapun konten event, meliputi Talkshow, Workshop Asosiasi, Forum Bisnis dan Investasi serta Business Matching. “Pada pelaksanaan Expo IBT pertama tahun lalu, yang berlangsung selama tiga hari, transaksinya mencapai Rp50 miliar. Dan ditargetkan pada pelaksanaan tahun ini mencapai Rp150 miliar karena transaksinya bersifat long-term,” ujar Rahmi.

Diharapkan, target tersebut tercapai dikarenakan pelaksanaan Expo IBT ke-2 berlangsung selama lima hari. Selain itu, jumlah peserta pameran yang berasal dari Indonesia Timur ini bertambah hingga 51 peserta.

“Ditambah lagi dengan kesanggupan peserta dari Kabupaten Buleleng, Bali, Saumlaki, Gresik dan Malang. Kami juga lebih tekankan Business to Business karena memfasilitasi pedagang dan pemerintah daerah Indonesia Timur dengan pedagang dan pemerintah daerah Jawa Timur,” imbuhnya.

Disebutkan, pada Expo IBT ke-1 tahun 2016 lalu terjadi transaksi penghasil gula aren serta kain songket dari Nusa Tenggara Timur (NTT) kepada pengusaha Jawa Timur hingga kini. “Nanti direncanakan akan ada 2.000 pengusaha dari berbagai sektor bisnis akan bertemu. Tahun lalu tercatat ada 1.000 pengunjung dan kami optimis target itu tercapai,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Expo IBT 2017 sekaligus Hotel Manager Garden Palace, Mulyadi Yasin Saleh, berharap acara tersebut mewujudkan sinergi. “Dengan menggandeng Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, event ini jadi ajang pertukaran informasi, promosi wisata serta menghadirkan transaksi perdagangan dengan nilai investasi dan kontrak kerjasama yang diharapkan semua pihak,” ujarnya. (ro)

Leave a Reply


*