PLN Dist Jatim Gandeng Unesa Terkait Pemanfaatan CSR, Pendidikan Pengajaran dan Litbang

Surabaya, KabarGRESS.com – PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur berkomitmen memberikan kemanfaatan lebih kepada masyarakat. Selain perbaikan layanan, PLN juga melakukan berbagai kegiatan sosial dalam program corporate social responsibility (CSR) di berbagai daerah.

Agar kegiatan CSR yang dilakukan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, maka PLN Distribusi Jatim melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi (PT), baik negeri ataupun swasta. Kali ini, kerjasama dilakukan dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Kerjasama yang sama juga telah dilakukan dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

“Ada tiga poin yang dikerjasamakan dengan Unesa. Pertama tentang pemanfaatan dana CSR, dimana PLN akan memberikan bantuan finansial kepada Unesa tiap melakukan kegiatan sosial di tahun depan. Kedua tentang pendidikan dan pengajaran dan ketiga tentang penelitian serta pengembangan (Litbang),” ujar Deputy Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jatim, Pinto Raharjo, ditemui di ruang kerjanya di Surabaya, Kamis (23/11/2017).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa model kerjasamanya nanti akan seperti yang telah dilakukan dengan Unair Surabaya. Ada tiga kegiatan sosial yang telah dilakukan oleh Unair, pertama bakti sosial di Madura, di Banyuwangi dan di Gunung Anyar Surabaya. Dalam setiap kegiatan, PLN memberikan bantuan sebesar Rp100 juta. “Intinya kami akan menyupport kegiatan sosial yang dilakukan Unair dan Unesa” katanya.

Selain itu, untuk peningkatan kualitas SDM kelistrikan, PLN juga telah bekerjasama dengan Politeknik Elektro Negeri Surabaya (PENS) dan Polinema Malang. Kerjasama ini untuk mendidik calon pegawai PLN setelah mereka lulus tes.

Tahun ini, ada dua kelas dengan rata-rata 30 orang per kelas. Mereka didik selama tiga tahun (D3) dengan matakuliah yang telah disesuaikan. PLN juga telah memberikan bantuan fasilitas peralatan praktikum di PENS, mulai dari jaringan,  cubicle ataupun travo

“Kerjasama dengan lembaga akademisi tersebut juga untuk memahamkan kepada masyarakat umum tentang keberadaan PLN dan proses bisnisnya,” pungkasnya. (ro)

Leave a Reply


*