PLN Dist Jatim Akan Sumbang 5.250 Pohon kepada Pemkot Surabaya

Surabaya, KabarGRESS.com – PT (Persero) PLN Distribusi Jawa Timur akan melaksanakan program CSR penanaman ribuan tanaman pohon di taman taman yang ada di Surabaya. Sebanyak 5.250 tanaman pohon, akan diserahkan kepada Pemerintah Kota Surabaya.

“Serah terima tanaman pohon tersebut bertujuan untuk mengganti tanaman tanaman yang sudah rusak, di beberapa taman yang ada di Surabaya. Dalam waktu dekat, kira-kira tanggal 28 atau 29 November, PLN akan mengadakan serah terima Tanam Pohon untuk mengganti pohon-pohon yang rusak di taman-taman Surabaya,” ujar Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Jatim, Pinto Raharjo, Kamis (23/11/2017).

Dijelaskannya, untuk Kota Surabaya, pohon yang diberikan atau disumbangkan sebanyak 5.250 pohon. Pohon pohon tersebut, akan disebar di titik titik rayon PLN, mulai PLN Surabaya Barat, PLN Surabaya Utara, dan PLN Surabaya Selatan. Sedangkan untuk total keseluruhan di Jawa Timur, sebanyak 7.200 pohon.

“Kami kan punya 16 area, sehingga lainnya itu dibagi. Kalau wilayah Surabaya hanya satu titik nanti dengan Pemerintah Kota Surabaya. Rencananya akan diserahkan di taman Wonorejo,” tambahnya.

Sementara itu, untuk melaksanakan CSR ini PLN mengucurkan dana sebesar Rp62,5 juta. Dana tersebut tidak hanya untuk membeli tanaman pohon yang disumbangkan, namun juga untuk biaya operasional penanaman pohon itu.

“Untuk penanaman, untuk ongkos gali lubang, itu kan membutuhkan biaya. Satu titik, rata-rata 25 juta ada sekitar 12 titik di seluruh Jawa Timur,” terangnya.

Sedangkan jenis pohon yang akan ditanam adalah jenis Cemara Udang, Pagoda dan ada beberapa pohon lainnya. Namun diakui Pinto, ada beberapa Kabupaten Kota yang tidak mau menerima pohon jenis tersebut, tetapi meminta pohon yang produktif, yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Dia minta pohon produktif, seperti Mangga, Jambu. Yang saya tahu adalah Madiun, itu tidak mau Cemara Udang, dia maunya Mangga dan Jambu, pokoknya yang menghasilkan, produktif,” pungkasnya. (ro)

Leave a Reply


*