10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

BI Gelar Pelatihan Wartawan Daerah 2017

Jakarta, KabarGRESS.com – Bank Indonesia menggelar Pelatihan Wartawan Daerah 2017 dengan tema “Pengendalian Inflasi Daerah untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat”, di Jakarta, pada 19-22 Nopember 2017. Asisten Gubernur BI, Dyah Nastiti, berkesempatan membuka secara resmi pelatihan, Senin (20/11/2017).

Tampak hadir Direktur Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Yoga Affandi, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Iskandar Simorangkir, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, serta Pengamat Ekonomi Samuel Sekuritas, Lana Soelistyoningnsih.

“Selama 4 hari Bank Indonesia (BI) mengadakan edukasi tentang kebanksentralan kepada sejumlah wartawan ekonomi di seluruh daerah yang ada di Indonesia,” ungkap Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Agusman.

Menurut Agusman, ini merupakan kali kedua BI menyelenggarakan pelatihan wartawan daerah secara bersama-sama di Jakarta, setelah sebelumnya dilakukan masing-masing Kantor Perwakilan Bank Indonesia. “Peserta pelatihan berjumlah 580 wartawan baik dari media cetak, televisi, radio, serta online, berasal dari 34 propinsi dan menjadi stakeholder dari 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sehingga semakin banyak pemahaman wartawan akan tugas dan fungsi bank sentral,” jelasnya.

Dia mengatakan dalam rangka menjalankan fungsi sebagai otoritas moneter, sistem pembayaran serta menjaga stabilitas sistem keuangan, BI memandang komunikasi merupakan hal yang penting. “Komunikasi yang lancar, efektif, dan efisien akan membuat transmisi kebijakan BI dapat diterima industri, pelaku usaha dan masyarakat secara cepat dan tepat sasaran, termasuk dalam mengendalikan ekspektasi inflasi,” tuturnya.

Sebagai salah satu pilar demokrasi, lanjutnya, media massa juga memiliki peran untuk mengawal kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh otoritas.

Atas peran media massa yang besar tersebut, katanya, BI memandang penting untuk meningkatkan pemahaman wartawan media massa secara rutin, terutama terhadap fungsi bank sentral dalam kebijakan moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan.

Salah satu bentuk nyata dari niat tersebut adalah penyelenggaran pelatihan wartawan daerah 2017 dengan tema “Pengendalian Inflasi Daerah untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat,” jelasnya.

“Mewakili keluarga besar BI, kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh Wartawan dari seluruh daerah di Indonesia yang hadir dalam acara pelatihan ini,” pungkasnya. (ro)