Program Daihatsu Setia Diserahterimakan kepada Pelanggan

Surabaya, KabarGRESS.com – Dalam rangka merayakan ulang tahun Daihatsu yang ke-110 tahun, Daihatsu mengadakan berbagai acara untuk memanjakan pelanggan setianya, salah satunya adalah Daihatsu Setia. Daihatsu Setia merupakan program rekondisi kendaraan pelanggan setia yang terpilih menjadi seperti baru keluar dari pabrik.

Daihatsu memperbesar cakupan program tersebut menjadi 110 unit mobil Daihatsu, dengan type mobil yang lebih beragam seperti Xenia, Terios, Sirion, dan Luxio di seluruh Indonesia dari program sebelumnya yang bernama Xenia Setia. Pada program ini mobil pelanggan Daihatsu Setia terpilih, direkondisi mulai dari engine, chasis, drive train, interior, exterior, material, painting hingga accessories dalam jangka waktu sekitar dua buian. Pelanggan juga dimanjakan dengan dipinjamkan mobil pengganti oleh Daihatsu.

Penyerahan mobil rekondisi Daihatsu Setia telah berlangsung sebelumnya untuk wilayah Jawa Tengah, yaitu di Solo sebanyak 8 unit, Cirebon (10 unit), Padang (20 unit), Makassar (6 unit), di Pontianak (8 unit), dan kali ini sebanyak 18 unit untuk wilayah Jawa Timur, termasuk 6 Unit yang diserahkan kepada pelanggan di kota pahlawan, yaitu Surabaya.

Roni Anata juga mengaku sangat senang menggunakan Xenia yang dibelinya tidak lama pada awal kemunculannya di tahun 2004. ”Saya sangat puas dengan Xenia karena desainnya bagus, dan sesuai seperti yang direkomendasikan dari teman-teman. Yang lebih bagus lagi, walaupun sudah 13 tahun dan menempuh jarak 216.513 kilometer (KM), saya tidak pernah mengalami masalah yang berarti, dan bensinnya juga sangat irit untuk kantong saya,” ujar bapak yang bekerja sebagai pegawai swasta ini.

Agus Suhartowo, pria asal Wonokromo ini selalu membawa Terios kesayangannya saat kerja dan jalan-jalan keluarga. ”Saya senang pakai mobil Terios saya sehari-hari. Karena mobilnya tangguh walaupun lewat jalanan yang cukup berat. Tidak terasa sudah 7 tahun dan sudah menempuh jarak 167.184 kilometer (km), tapi masih tetap awet sampai sekarang,” ujar karyawan swasta di bidang konsultan pembangunan.

Lain halnya dengan Djoko P. Widodo, seorang bapak yang tinggal di Juanda ini mengaku puas menggunakan Luxio karena kapasitas interior yang luas dan elegan. “Saya memilih Luxio karena interior di dalam mobilnya luas. Pernah kami sekeluarga pergi liburan, pas saya lipat kursi tengah mobil dan gelar kasur, ternyata muat, sehingga semakin membuat nyaman keluarga,” ujar bapak tiga anak yang bekerja di bidang engineering ini.

Meidya Koeshardianto, seorang bapak dengan empat anak ini membeli Xenia karena saran temannya. ”Saya beli Xenia karena banyak saran dari teman saya. Setelah mencoba, ternyata saran tersebut terbukti. Saat jalan di medan jalan yang cenderung berat, Xenia tetap nyaman, tambah lagi kabin di dalamnya juga lapang dibanding mobil lain di kelasnya,“ ujar bapak asal daerah Tambak Sumur ini.

Kepala Divisi Marketing Daihatsu, Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan program ini telah berjalan sejak 2014 yang lalu, dan tahun 2017 ini adalah tahun ke empat. Total tahun ini, ada 110 kendaraan yang di rekondisi seperti baru.

“Tahun depannya bagaimana, mungkin kita belum tahu, apakah 110 lagi atau berbeda, kita lagi pikirin dulu ya,” katanya di sela-sela penyerahan mobil di Daihatsu Waru, Jumat (17/11/2017).

Diakuinya, program ini bukan semata-mata untuk meningkatkan angka penjualan, tetapi menjadi salah satu program pemberian penghargaan atau reward kepada pelanggan setia. Dimana sejak pembelian selalu dikendarai, secara rutin melakukan service di bengkel resmi.

“Ya apresiasi kepada para pemakai, pelanggan yang sudah loyal memakai kendaraannya tersebut. Jadi sebenarnya itu lebih kepada customer loyalty program,” tambahnya.

Sementara itu, Regional Manager Jatim AI-DSO, Budhy Lau, menjelaskan tahun 2017 ini, Daihatsu bisa tumbuh 8 persen dibanding tahun lalu. Pertumbuhan Daihatsu di Jawa Timur di atas pertumbuhan market total, dimana marketnya tumbuh 3 persen.

“Orang banyak lebih memilih mobil-mobil yang multifungsi, fungsional, lebih efisien ya, lebih ramah lingkungan lebih terjangkau, lihat dari segi harga ya accordable,” paparnya.

Dari data didapatkan, jika kontribusi terbesar penjualan Daihatsu adalah dari Daihatsu Sigra sekitar 25 persen, kemudian di posisi kedua yakni Daihatsu Xenia sekitar 20 persen, lalu Ayla berhasil berkontribusi pada peringkat tiga dengan penjualan sekitar 15 persen. (ro)

Leave a Reply


*