10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

PLN Dist Jatim MoU dengan DPD REI Jatim Sinergi Percepatan Pelayanan dan Penyambungan Listrik

Surabaya, KabarGRESS.com – PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur telah melaksanakan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Dewan Pengurus Daerah Real Estate Indonesia (DPD REI) Jatim tentang sinergi pelayanan dan percepatan penyambungan listrik real estate di Jawa Timur, bertempat di Ruang Rapat Bidang Niaga dan Pelayanan Pelanggan, Rabu (8/11/2017).

Penandatanganan MoU dilakukan antara General Manager PLN Distribusi Jawa Timur, Ir. Dwi Kusnanto, MM, bersama dengan Ketua DPD REI Jawa Timur, Ir. Danny Wahid, MT. “MoU ini menandai komitmen untuk saling bersinergi dan kerjasama dalam pemenuhan kebutuhan daya listrik saat ini dan masa mendatang dalam rangka mendukung tumbuhnya ekonomi sektor perumahan dan real estate di seluruh wilayah Jawa Timur,” jelas Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Dist Jatim, Pinto Raharjo, Rabu (8/11/2017).

Ketua Umum DPD REI Jatim, Danny Wahid, mengatakan dengan kerjasama ini PLN Distribusi Jatim akan berkomitmen menyediakan jaringan listrik untuk proyek perumahan anggota REI di wilayah Jatim dengan kualitas pasokan listrik yang andal dan harga sesuai peraturan.

“Saat ini jumlah anggota kami paling banyak di Indonesia mencapai 527 perusahaan dimana tiap perusahaan mempunyai 2-3 proyek perumahan. Artinya ada lebih dari seribu proyek perumahan yang semuanya pasti membutuhkan jaringan listrik,” kata Danny usai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), di Kantor PLN Distribusi Jatim di Surabaya, Rabu (8/11/2017).

Saat ini menurut Denny, PLN sangat mendukung proyek-proyek anggotanya. Beberapa program seperti Biaya Pemasangan yang bisa dicicil hingga syarat minimal penggelaran jaringan PLN yang diturunkan dari 50% progress pembangunan menjadi hanya 10%.

“Dulu, jaringan baru PLN bisa terpasang jika pembangunan perumahan mencapai 50%, kini sudah diturunkan menjadi 10%. Ini sangat membantu kami para pengembang untuk mengatur cash flow,” ungkap Danny.

Sementara itu, General Manager PLN Distribusi Jatim, Dwi Kusnanto, menuturkan PLN mendukung pengadaan jaringan listrik untuk proyek perumahan di Jatim, terutama yang dikembangkan Anggota REI. Saat ini menurutnya Jatim masih mengalami surplus produksi listrik hingga 1.401 megawatt (MW).

“Dari rasio kebutuhan beban puncak dan daya, kami masih ada cadangan 1.401 MW yang siap disalurkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Jatim termasuk kepada perusahaan pengembang perumahan. Tidak benar jika kami tidak bisa memenuhi pemasangan baru,” tegas Dwi.

Saat ini, kemampuan sistem pembangkit PLN di Jatim mencapai 8.822 MW dengan beban puncak 5.285 MW. Sistem pembangkit di Jatim juga menyuplai kebutuhan Jawa Tengah sebesar 1.816 MW dan  Bali sebesar 320 MW. PLN Distribusi Jatim juga melayani 10,9 juta pelanggan dengan daya terpasang mencapai 18.183 MW. Diperkirakan, pelanggan PLN akan bertambah menjadi 11 juta pelanggan pada akhir tahun ini.

“Melalui kerjasama ini kami berkomitmen memberi pelayanan prima dengan menyediakan account executive di setiap PLN Area sehingga mampu mernberi pelayanan cepat dan transparan pada semua pelanggan,” terang Dwi. (ro)