10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

TP PKK JATIM GELAR TEST IVA DAN SADANIS SERENTAK BAGI ASN PEMPROV JATIM

Surabaya , KabarGress.com – Tim Penggerak (TP) PKK Prov. Jatim bekerjasama dengan Pemprov. Jatim menggelar IVA test kanker serviks dan pemeriksaan payudara secara klinis/sadanis kanker payudara secara serentak bagi seluruh Aparatur Sipil Negara/ASN wanita dan istri ASN di jajaran Pemprov Jatim

“Kegiatan dilakukan tanggal 30 Oktober – 4 Nopember 2017 di Kantor TP PKK Prov. Jatim di jalan Gayung Kebonsari no. 55 A Surabaya, Kantor Setda Prov. Jatim di jalan Pahlawan no. 110 Surabaya, serta berbagai puskesmas di Jawa Timur,” ujar Kepala Biro Humas dan Protokol, Pemprov. Jatim, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si, Minggu (29/10).

Sasaran yang dicapai, jelas Benny, semua ASN wanita dan para istri ASN Pemprov. Jatim berusia 30 – 50 tahun dengan status sudah menikah. Jumlahnya sebanyak 20.442 orang.

Ditambahkan, untuk wilayah Kota Surabaya sendiri akan dilakukan deteksi dini sebanyak 6.313 orang, sedangkan di luar kota Surabaya sebanyak 14.129 orang. Sebanyak 874 orang petugas dilibatkan pada kegiatan ini, yang dibagi dalam beberapa shift. Para petugas tsb diantaranya dokter konsultan, pemeriksa IVA, asisten pemeriksa, dsb-nya.

Menurut Benny, langkah deteksi dini ini perlu dilakukan untuk mencapai Indonesia bebas kanker, khususnya kanker serviks dan kanker payudara, sebagaimana diharapkan oleh Ibu Negara. “Melalui TP PKK inilah diharapkan target tsb diwujudkan,” ujarnya.

Bagi para perempuan, lanjutnya, deteksi dini ini sangat penting sebab kedua kanker ini menjadi pembunuh cukup besar. “Di Indonesia, setiap satu jam satu orang meninggal karena penyakit ‘silent killer’ ini. Sementara itu, di dunia setiap dua menit satu orang meninggal karena penyakit ini beban masyarakat,” ujarnya. Dijelaskannya, disebut “silent killer”, karena penderita tidak merasakan rasa sakit pada stadium awal, dan baru pada stadium lanjut rasa sakit.

Langkah TP PKK Prov. Jatim melakukan deteksi dini ini menindaklanjuti arahan Ibu Negara melalui
Surat OASE Kabinet Kerja no B-132/OASE-KK/VIII/2017 tanggal 29 agustus 2017 tentang Kegiatan Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker, yang ditindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri RI no 440/4288/SJ tanggal 18 september 2017 tentang Peringatan Bulan peduli Kanker.

Melalui kegiatan deteksi dini bagi ASN wanita dan para isteri ASN di jajaran Pemrov. Jatim ini, TP PKK Jatim mengharapkan agar terwujud sebuah gerakan masyarakat untuk melakukan deteksi dini. ( hery)