100 Guru Ikuti Pelatihan Profesionalisme

Surabaya, KabarGRESS.com – Pelatihan profesioanalisme tenaga pendidik di perguruan Muhammadiyah Wiyung yang diikuti sekitar 100 guru baik dari SDM 15 , SMPM 17 dan SMAM 9 Surabaya, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Oktober 2017 di Aula SD Muhammadiyah 15 Surabaya.

Drs Rudy Kustidjono, MS. (Ketua Majelis Dikdasmen PCM Wiyung dan Dosen Fisika Unesa), salah satu pembicara, dengan semangat tinggi membuka acara sambil bertanya siapa yang sudah sertifikasi, peserta pun menjawab sambil angkat tangan, terhitung ada 19 guru yang sudah tersertifikasi.

“Pada saat sertifikasi ada kegiatan PLPG, peserta diberi materi secara teori dan praktik untuk presentasi di depan kelas. Mereka sudah punya bekal dan harus diterapkan di kelas baik pengembangan diri, publikasi ilmiah maupun karya yang inovatif,” tutur Rudy disambut ungkapan “luar biasa” dari peserta.

Musfiroh, salah satu peserta yang sudah tersertifikasi, mengatakan “good-good materinya yang disampaikan, tinggal kita harus bisa menerapkan di kelas bersama anak-anak, gimana temen-temen sutuju?” disambut seluruh peserta InsyaAllah.

Pembicara kedua DR Frida Ulfah Ermawati, M.Si {Dosen Fisika Unesa), menyampaikan cara membuat karya tulis ilmiah. *Sebelum menulis artikel ilmiah yang harus disiapkan; siap mental, siap keterampilan, siap sarana prasarana dan siap tekhnik,” kata Frida dengan nada tinggi dan suara keras agar peserta tidak ngantuk.

Pada saat menulis formatnya harus singkat tetapi padat, berbeda dengan laporan penelitian/skripsi/tesis/disertasi. “Itu semua harus dilakukan bapak ibu, harus dengan kuat dan optimis,” sambut Frida sambil tersenyum dan memberi no HP kepada peserta yang siap dihubungi 24 jam.

Apakah PTK itu? Mengapa melakukan PTK? Pembicara terakhir Drs Suliyanah, M. Si (Kapordi Pendidikan Fisika Unesa) menyampaikan pertanyaan kepada peserta, sudah ada yang bisa jawab? Peserta pun menjawab malu bu, nanti salah… Hehe. Kemudian Suliyanah berkata, “Ndak boleh malu bapak ibu. Ya udah kalau begitu saya sampaikan; PTK mempunyai peranan penelitian dalam upaya perbaikan pendidikan (pengembangan ilmu dan perbaikan pembelajaran. Sudah biasa dilakukan ya bapak ibu?” sudah bu jawab peserta sambil semangat melanjutkan pelatihan. (Ali Shodiqin)

Leave a Reply


*