29/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Wisatawan Manca Negara Incar Kerajinan Batu Alam Tulungagung

Tulungagung, KabarGRESS.com – Kerajinan batu alam Tulungagung sejauh ini sudah dikenal tidak hanya skala nasional namun telah menembus pangsa pasar manca negara. Salah satu pusat kerajinan marmer dan onix adalah Mutiara Onix, terletak di Desa Besole, Kec. Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Supriyono, owner Mutiara Onix, mengungkapkan diantara negara-negara asing yang datang membeli hasil kerajinan batu alam, misalnya dari Amerika, Kostarika, Polandia, Italia, serta Jerman.

“Mereka suka produk alami dan memiliki keunikan. Sehingga produk kerajinan batu alam sangat potensial kita tawarkan kepada mereka,” jelasnya saat ditemui pada Rabu (11/10/2017).

Diantara ratusan jenis produk batu alam yang dipajang di Mutiara Onix, produk wastafel menjadi incaran para wisman. “Wastafel paling banyak diminati. Per bulan kami bisa mengirim 2 hingga 3 kontainer perbulan dengan nilai Rp150jt dari bahan marmer,” tuturnya.

Supriyono mengaku lebih dari 90 persen produk kerajinan batu alam diekspor ke negara-negara tersebut. “Kalau bahan baku kita dapatkan dari lokal saja, baik dari Tulungagung sendiri serta dari Bawean khususnya batu onix,” tuturnya.

Para pembeli manca negara rata-rata memang datang langsung melihat dari dekat hasil kerajinan batu alam Tulungagung. Dan mereka umumnya sangat teliti dan selektif memilih hasil kerajinan yang dibelinya.

Untuk permintaan konsumen lokal juga tetap ada namun justru negara asing yang sangat antusias membeli produk kerajinan batu alam Tulungagung. (ro)

Teks foto: wastafel dan aneka hasil kerajinan batu alam Tulungagung di Mutiara Onix.