29/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Romantisme Wana Wisata Jurang Senggani

Tulungagung, KabarGRESS.com – Dari ratusan destinasi wisata di Kabupaten Tulungagung, ada yang sangat menarik dan patut disambangi, yakni wana wisata Jurang Senggani. Meski belum genap 5 tahun dibuka untuk umum, pengunjung sangat ramai terlebih pada hari Minggu dan libur nasional.

“Alam dengan udara yang sangat sejuk akan memanjakan para pengunjung bahkan bakal betah berlama-lama disini,” ungkap Kepala Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Mutmainah, ketika menerima kunjungan wartawan di obyek wisata tersebut, Rabu (11/10/2017).

Menurut Mutmainah, banyak keindahan yang ditawarkan Jurang Senggani, mulai dari aneka tanaman khas hutan, pembibitan kopi, mainan, juga air terjun. Untuk menuju lokasi pun pengunjung bakal disuguhi keelokan alam pegunungan yang indah dan asri.

Jika dari kota Tulungagung, pengunjung tinggal mencari angkutan umum arah Pasar Sendang. Selanjutnya oper ojek menempuh jarak tidak jauh hanya sekitar 5 km dan hanya dengan ongkos Rp15.000. Memang pengunjung akan lebih efektif membawa kendaraan sendiri, baik motor maupun mobil.

Saat ini wana wisata Jurang Senggani yang memiliki areal lahan 9,4 ha dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa setempat beranggotakan 35 orang, menyusul Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Perhutani, Pemkab Tulungagung dan Dinas Pariwisata Kabupaten Tulungagung.

“Lahan yang sudah dimanfaatkan untuk wisata mencapai 5,2 ha. Dan kami akan terus meningkatkan wahananya. Sekarang sudah ada flying fox hanya dengan Rp5.000 saja, ada rumah pohon, gardu pandang dan lainnya,” terang Ketua Pokdarwis Jurang Senggani, Sukaji, didampingi Sekretaris, Supadi.

Wana wisata ini sebenarnya sudah dirintis sejak 2014 namun baru resmi dikarciskan sejak Januari 2017. “Jika ramai, sehari bisa mencapai 800 karcis, kalau sepi antara 100 hingga 200 karcis,” imbuh Sekretaris Pokdarwis Jurang Senggani, Supadi.

Dari perolehan karcis itulah obyek wisata alam pegunungan ini dikembangkan terus agar wahana mainan semakin lengkap. Di lokasi ini juga dibuka sebagai bumi perkemahan.

“Disini banyak pengunjung muda mudi juga anak-anak. Para orangtua pun tidak ketinggalan untuk menikmati kesegaran dan kesejukan alam,” timpalnya.

Obyek wisata ini sangat romantis dan cocok untuk memadu kasih para pengunjung yang lagi dilanda jatuh cinta, banyak spot-spot yang dibangun untuk berselfieria. Pengunjung harus menyiapkan fisik yang bagus agar maksimal menikmati destinasi wisata ini.

Apalagi jika ingin menikmati air terjun yang berada satu komplek wana wisata Jurang Senggani, harus melalui jalanan setapak yang tentunya membutuhkan tenaga ekstra. Kalau tidak mau capek, sepeda motor siap mengantarkan ke air terjun, baik air terjun Senggani maupun Tiga Bidadari.

Bagaimana dengan anda, penasarankah? Ayo segera ajak keluarga, teman dan siapapun mengunjungi Wana Wisata Jurang Senggani, Kabupaten Tulungagung. (ro)

Teks foto:

– Keasrian alam wana wisata Jurang Senggani.

– Kepala Desa Nglurup Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung, Mutmainah.

– Ketua Pokdarwis Jurang Senggani, Sukaji dan Sekretaris, Supadi.