29/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Pantai Gemah, Pantai Pesisir Selatan yang Menghadap Timur

Tulungagung, KabarGRESS.com – Dari sekian banyak pantai eksotis yang dimiliki Kabupaten Tulungagung, ada yang baru saja dibuka bagi masyarakat umum yakni Pantai Gemah. Pantai ini berpasir coklat membentang luas kurang lebih satu kilometer berada di kawasan teluk Popoh Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Istimewanya, pantai ini menghadap ke timur, dengan ujung utara dan selatan berupa tebing bebatuan eksotis.

Kepala Desa Keboireng, Supriyo Bandowo, menuturkan tepatnya 26 Juni 2017 kawasan Pantai Gemah mulai dikarciskan, untuk sepeda motor Rp2.000, mobil Rp5.000 dan bus mini Rp10.000. “Sudah ratusan ribu pengunjung menikmati indahnya pantai Gemah. Apalagi dengan adanya Jalur Lintas Selatan lebih memudahkan menjangkau pantai yang sangat indah ini,” katanya didampingi Ketua Pokdarwis Desa Keboireng, Jumarli, kepada media ini.

Deretan penjual aneka makanan minuman, termasuk yang jadi incaran para pengunjung setiap ke wisata pantai, es degan atau kelapa muda, banyak di sepanjang pantai ini. Rindangnya pepohonan cemara laut menambah sejuk suasana. Persewaan ATV, motor trail, menjadi alternatif wisatawan untuk menikmati indahnya pantai. “ATV yang 250cc per jam Rp100rb, ATV 150cc Rp80rb per jam, sedangkan trail Rp60rb per jam,” ujar Frendy, pengelola ATV di Pantai Gemah.

Kamar mandi yang dibangun masyarakat pun banyak, termasuk musholla. Sehingga pengunjung tidak perlu ragu-ragu untuk datang berkunjung. Namun yang menjadi catatan, sampah yang masih banyak berserakan di sepanjang pantai perlu menjadi perhatian pengelola. Bagi pengunjung pun juga harus sadar kebersihan pantai menjadi hal mutlak dijaga. Jangan membuang sampah apapun jenisnya di sembarang tempat.

“Kami juga melakukan aksi bersih-bersih sampah karena memang masih banyak pengunjung membuang sampah sembarangan,” ujar Jumarli.

Dengan menyediakan fasilitas tempat sampah diharapkan akan lebih menyadarkan para pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya. Untuk menjangkau pantai Gemah sangat mudah karena memang infrastruktur jalan sudah dibangun demikian bagus. (ro)

Teks foto:

  • Ketua Pokdarwis Desa Keboireng, Jumarli bersama Kepala Desa Keboireng, Supriyo Bandowo.
  • Panorama Pantai Gemah yang mempesona.
  • Persewaan motor trail dan ATV.