Media Sangat Membantu dan Mendukung Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan

Pasuruan, 12 Oktober 2017, KabarGRESS.com – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Timur gelar press gathering dengan media untuk membangun rasa kebersamaan dalam memberikan informasi kepada masyarakat di Jawa Timur tentang arti pentingnya program BPJS Ketenagakerjaan.

“Press gathering karena media merupakan stakeholder eksternal yang sangat membantu dan mendukung penyebaran informasi tentang program BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat Jawa Timur, selain itu media juga merupakan partner dalam rangka perluasan kepesertaan,” ungkap Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Abdul Cholik, di sela-sela acara Press Gathering, di Tretes, Pasuruan, Kamis (12/10/2017).

Disebutkan, pencapaian kinerja Kantor Wilayah Jawa Timur sampai dengan Agustus 2017; perusahaan aktif sebanyak 50.028, tenaga kerja aktif penerima upah 1.54juta, sektor bukan penerima upah 103ribu dan sektor jasa konstruksi 876ribu, sedangkan untuk penambahan tenaga kerja penerima upah sebanyak 337ribu, sektor bukan penerima upah 153ribu dan sektor jasa konstruksi 892ribu.

“Pembayaran klaim sampai dengan Agustus 2017; Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) sebanyak 148.634 kasus sebesar Rp1.47T, Jaminan Kematian 2.300 kasus sebesar Rp64M, Jaminan Kecelakaan Kerja 16.966 kasus sebesar Rp105M dan Jaminan Pensiun sebanyak 7.996 kasus sebesar Rp7.1 M,” ujarnya.

Perusahaan pendukung RTW se Jawa Timur sampai September 2017 sebanyak 5.814 perusahaan, data pendampingan RTW sebanyak 65 peserta, 48 telah kembali bekerja, 17 dalam perawatan. Jumlah RSTC sebanyak 917 dan BLK Kerjasama sebanyak 11.

Peserta BPJS Ketenagakerjaan juga dimanjakan pula dengan adanya Co-Marketing berupa potongan harga dari total 256 perusahaan yang telah kerjasama baik dari Hotel, Restoran, Rumah Sakit, Showroom, Service Kendaraan, Klinik Kecantikan, Taman Rekreasi, Butik, dan lain-lain yang semua manfaat itu bisa dinikmati oleh peserta apabila menunjukkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan saat melakukan transaksi.

Saat ini peserta juga bisa menikmati Manfaat Layanan Tambahan berupa Fasilitas Pembiayaan Perumahan Pekerja dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan pekerja. Fasilitas pembiayaan program Manfaat Layanan Tambahan sebanyak 365 tenaga kerja yang terdiri dari Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP) sebanyak 19, Kredit Pemilikan Rumah (KPR )sebanyak 334 dan Pinjaman Renovasi Rumah (PRR) sebanyak 12.

TKI Juga Terlindungi

Sejak 1 Agustus 2017 tonggak sejarah penyelenggaraan jaminan sosial bagi Tenaga Keria Indonesia (TKI) dimana seluruh TKI yang hendak bekerja di luar negeri dilindungi program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan berupa Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Hari Tua (sukarela).

Kantor Wilayah Jawa Timur sampai dengan September 2017 terdapat 83 perusahaan dengan jumlah Tenaga Kerja Indonesia sebanyak 17.858 yang tersebar di seluruh Jawa Timur.

“Di Jawa Timur juga terdapat desa sadar BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 25 Base dengan jumlah akuisisi tenaga kerja sebanyak 16.512,” pungkasnya.

Ditambahkan, pada acara Press Gathering kali ini melibatkan sebanyak 15 media, baik cetak, elektronik serta online. Juga dihadiri pimpinan kantor-kantor cabang BPJS Kesehatan di Surabaya serta Sidoarjo. (ro)

Teks foto: Kepala Pelayanan Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Gigih Mulyo Utomo, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Abdul Cholik, serta Kepala Pemasaran Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Dodit Isdiyono.

Leave a Reply


*