Lantik Direksi PDAM, Wali Kota Ingatkan Pelayanan ke Masyarakat

Surabaya, KabarGress.Com – Perusahaan daerah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan pendapatan sebesar-besarnya (profit oreiented). Tetapi juga demi optimalisasi pelayanan kepada masyarakat (social oriented).

Pesan tersebut disampaikan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini seusai pelantikan direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya di ruang kerja wali kota di Balai Kota Surabaya Senin (9/10/2017).

Menurut wali kota, tujuan untuk melayani masyarakat dengan baik itu tidak hanya ditujukan bagi PDAM Surya Sembada. Tetapi juga untuk perusahaan daerah lainnya milik Pemkot Surabaya semisal PD Rumah Potong Hewan (RPH). “Bagi saya, perusahaan daerah itu tidak selalu harus untung besar untuk Pemkot. Perusahaan daerah juga untuk membantu masyarakat. Seperti RPH, nggak saya tuntut untung berapa, tapi saya tuntut agar masyarakat bisa terlayani dengan baik,” jelas wali kota.

Didasari tujuan untuk membantu masyarakat tersebut, wali kota menyebut ke depannya tidak ada rencana untuk menaikkan tarif PDAM di Kota Pahlawan. Hingga ini, sambung wali kota, tarif PDAM di Surabaya, masih jauh lebih murah bila dibandingkan dengan tarif di PDAM di wilayah sekitar Surabaya. “Coba dicek dibandingkan dengan di wilayah sekitar, saya kira PDAM Surabaya paling murah. Ke depan, Insya Allah ndak ada kenaikan,” jelas wali kota.

Selain itu, PDAM Surya Sembada juga masih bisa melakukan langkah lain untuk menaikkan pendapatan.

“Pelindo ngambil di kita, ada tambahan income. Juga yang kami jual untuk daerah lain, itu yang kami naikkan,” sambung wali kota.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaa ini mengingatkan agar direksi PDAM Surya Sembada yang dilantik, bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. Menurut wali kota, untuk tanah, air dan udara, diciptakan Tuhan untuk kemaslahatan banyak orang. Karenanya, wali kota tidak ingin, jajaran direksi PDAM dalam melayani masyarakat melanggar ketentuan. “Ini periode jabatan saya yang terakhir, saya tidak ingin meninggalkan yang jelek,” ujarnya.

Dalam pelantikan direksi PDAM tersebut, Ir Arnizar Firmandi dilantik sebagai direktur pelayanan PDAM Surya Sembada. Sementara untuk posisi direktur keuangan, akan dilakukan tes ulang karena hasil tes sebelumnya dinilai belum memuaskan. Untuk sementara, wali kota menyebut posisi direktur keuangan akan dirangkap oleh Dirut PDAM, Ir Mujiaman Sukirno. “Untuk direktur keuangan sementara dirangkap pak Mujiaman. Seleksinya akan diulang. Ini sudah mulai prosesnya,” jelas wali kota. (tur)

Leave a Reply


*