BANGUN DESTINASI WISATA EDUKASI PETERNAKAN

Pasuruan,KabarGress.com – Ketua DPD Partai Hanura Jatim Haji mas Kelana Aprilianto , SE, bukan hanya seorang politisi, tapi juga seorang negarawan. Sebagai seorang negarawan  banyak memikirkan hal –hal strategis yang dapat membantu kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah  berencana membangun Ranch besar diatas lahan yang sangat luas dengan ribuan ekor sapi  didalamnya, sebagai destinasi wisata edukasi peternakan .

Lokasi peternakan besar tersebut rencananya akan dibangun  satu lokasi dengan peternakan miliknya saat ini di desa Lebak Rejo, Purwodadi, Pasuruan. Peternakan milik Mas Kelana Aprilianto,cawagub Jatim , saat ini ,didalamnya terdapat 4 kandang 1 kandang besar dipakai untuk ratusan ekor sapi  , 3 kandang  lainnya digunakan  ratusan kambing telinga panjang.

Pengembangan peternakan  desttinasi  wisata edukasi peternakan , penelitian , oleh pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum tandas Mas Kelana Aprilianto merupakan rencana kedepan. Di lokasi peternakan itu nanti akan dibangun lebih dahulu infrastrukturnya, akses jalan menuju lokasi , saluran irigasi, laboratorium, bersama beberapa bangunan seperti villa , bungalow .

“  Di peternakan yang akan kita bangun nantinya dapat dipakai untuk  penelitian hewan ternak, dan wisata alam bagi masyarakat ,” ujar Mas Kelana . Lokasi peternakan yang hendak dikembangkan oleh mas Kelana Aprilianto geografisnya memang sangat mendukung. View – nya indah lokasinya dilereng bukit , bersebelahan lokasi wisata air terjun Cuban Jolo.  “ View- nya saya kira terbaik dan sangat bagus dikembangkan sebagai destinasi wisata edukasi peternakan ,” tambah mas Kelana lagi.

Sapi –sapi itu nantinya dilepas , tidak dikandangkan seperti sekarang. Sehingga bebas dan liar mencari makan sendiri, di savanna yang telah di sediakan. Untuk tugas pengamanan di lapangan akan ditempatkan  beberapa petugas peternakan. Sementara pengelolaan peternakan milik mas Kelana  saat ini di serahkan ke Iskandar.

Menurut Iskandar lewat peternakan Mas Kelana Aprilianto banyak membantu masyarakat sekitar peternakan. Contohnya, ungkap Iskandar untuk merawat ratusan ekor sapi bersama ratusan ekor kambing dipeternakan ia dibantu beberapa orang. Mereka punya tugas masing –masing, misalnya membersihkan kandang, kotoran hewan , memberi  makan dan minum hewan, bekerja mencacah rumput untuk pakan.

Di samping itu, dalam kerangka memenuhi  pakan hewan ternak  perharinya sekitar 2 ton, Iskandar di pasrahi tugas mengelola peternakan membantu warga desa dengan cara membeli rumput warga. Puluhan warga pencari pakan setiap hari datang kepeternakan menjual pakan ternaknya.

“  Untuk mencukupi kebutuhan pakan , saya membeli pakan dari masyarakat. Sebab, kalau mengandalkan dari pakan sendiri masih belum mencukupi , akhirnya kita beli rumput dari warga. Saya kira ini bagian dari cara Pak Kelana membantu menambah penghasilan warga desa sekitar lokasi peternakan,” pungkas Iskandar. (hery)

 

 

 

Leave a Reply


*