10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

PAKDE KARWO KUMPULKAN 5 DAERAH BAHAS PERKEMBANGAN IMUNISASI MR

Surabaya , KabarGress.com – Gubernur Jatim H. Soekarwo mengumpulkan 5 daerah yang capaian imunisasi measles rubella (MR) belum memenuhi target nasional sebesar 95 persen di Gedung Negara Grahadi, Rabu (27/9). Lima daerah tersebut, yaitu Kota Batu, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sumenep, dan Kabupaten Lumajang.

Data yang masuk di Unicef per 26 September 2017, capaian imunisasi Kota Batu masih sebesar 88,97 persen, Kabupaten Pamekasan sebesar 96,14 persen, Kabupaten Bangkalan 96,79 persen, Kabupaten Sumenep 93,44 persen, dan Kabupaten Lumajang sebesar 85,15 persen.

Dalam arahannya, Pakde Karwo – sapaan akrab Gubernur Jatim, menyampaikan secara garis besar pelaksanaan imunisasi vaksin MR di Jawa Timur yang cukup menggembirakan, yakni dengan prosentase capaian keseluruhan sebesar 103,06 persen. Prosentase tersebut terjadi karena target capaian beberapa daerah melebihi melebihi yang ditentukan.

“Secara garis besar, Jatim sudah memenuhi target,” ucap Pakde Karwo. Ditambahkan, Lumajang sudah menyanggupi untuk mencapai target sebesar 95 persen sebelum tanggal 30 September mendatang, tanggal terakhir imunisasi. Sedangkan untuk empat daerah lainnya, telah disepakati tambahan waktu imunisasi selama 2 minggu berikutnya.

Untuk merealisasikan target, lanjut Pakde Karwo, ia memerintahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim untuk langsung terjun ke empat wilayah tersebut. “Nantinya, imunisasi dipusatkan di Dinas Kesehatan setempat, dan dilakukan pantauan oleh tim secara bersama-sama untuk mengetahui perkembangannya,” ujar mantan Sekda Jatim ini.

Selain membentuk tim, Pakde Karwo juga meminta kepada seluruh unsur, mulai kepala dinas kesehatan, dinas pendidikan, kanwil agama, MUI, Muhamadiyah, NU, fatayat, muslimat hingga babinsa dan babikamtibmas di keempat kabupaten/kota ikut membantu pencapaian target tersebut. Pencapaian ini, jelas Pakde Karwo, memiliki arti penting dalam memberikan sumbangan tumbuh kembang anak-anak sebagai generasi pengganti.

Ucapan Terimakasih Unicef

Dalam kesempatan sama, Direktur Unicef untuk Pulau Jawa, Arie Rukmantara menyampaikan rasa terima kasih dan bangganya atas pencapaian yang sudah dilaksanakan di Jawa Timur. Pasalnya, kampanye imunisasi vaksin MR di Jatim sudah memenuhi target secara nasional, bahkan lebih tinggi dibanding dengan provinsi-provinsi lain di seluruh Indonesia.

“Ini semua berkat dukungan Bapak Gubernur, media, tim yang ikut terlibat, serta dukungan seluruh pemangku kepentingan. Jawa Timur capaiannya terbaik,” ujarnya sambil menambahkan Unicef akan memberikan penghargaan atas prestasi ini. ( hery)