30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

PLN Butuh Waktu Bersihkan Jaringan Kabel Listrik Jembatan Suramadu yang Terbakar

Surabaya, KabarGRESS.com – Jalur sepeda motor Jembatan Suramadu dari arah Surabaya menuju Bangkalan ditutup total menyusul kebakaran jaringan kabel di bawah jalur tersebut. Kebakaran pada jaringan kabel PLN sepanjang 150 meter yang terjadi sejak Sabtu (23/9) petang itu, baru bisa dipadamkan pada tengah malam.

Menurut Kepala Gerbang Tol Suramadu, Mujiono, kebakaran itu mulai diketahui sekitar pukul 17.00 WIB. “Ada kepulan asap tebal dari bawah jalur sepeda motor, kami langsung tutup jalur tersebut dan lalu lintas sepeda motor ke arah Madura dialihkan lewat jalur mobil,” ujarnya.

Saksi mata menyebut, kepulan asap mendadak muncul dari lubang drainase yang ada di jalur sepeda motor. Asap hitam yang semula tipis itu lambat laun semakin menebal.

Kebakaran itu terjadi memanjang sekitar 150 meter itu terjadi di jalur tol KM 2,6 atau sekitar 200 meter sebelum bentang tengah Suramadu. Petugas langsung menutup jalur dan mengerahkan mobil pemadam kebakaran.

Tapi proses pemadaman membutuhkan waktu agak lama, karena kabel yang terbakar itu berada di bawah beton jembatan setebal 30 centimeter. Mereka akhirnya mengerahkan crane untuk melakukan pembongkaran beton.

Kerusakan yang ditimbulkan akibat proses pembongkaran untuk mengetahui titik api dan penyebab terjadinya kebakaran itu, rencananya akan segera diperbaiki setelah penyambungan kembali kabel itu selesai.

Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jatim, Pinto Raharjo, mengaku butuh waktu sekitar satu satu minggu untuk membersihkan kabel listrik PLN yang terbakar. “Kami perlu waktu, karena harus mendatangkan material dan perlu teknik yang tidak mudah untuk menyambungkan dua kabel bertegangan tinggi tersebut,” ujarnya.

Pihaknya belum mengetahui pasti penyebab kebakaran di bawah jembatan penghubung antara Pulau Jawa dan Madura tersebut. Yang jelas, proses pemasangan kabel di Jembatan Suramadu waktu itu, dilakukan oleh PLN yang dibantu sejumlah tenaga ahli.

Kabel yang terbakar di bawah jembatan Suramadu itu adalah kabel yang dialiri listrik 150 VA untuk distribusi Jawa-Madura. Selama ini, pasokan listrik ke Pulau Madura disuplai oleh dua sirkuit.

Selain sirkuit jaringan listrik yang terpasang dari Kenjeran Surabaya hingga Gili Timur, Bangkalan, suplai juga bersumber dari sirkuit jaringan listrik yang terpasang di bawah Jembatan Suramadu hingga Kota Bangkalan. (ro)